EFEKTIVITAS APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU (SIPINTER) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN

Hutabarat, Rafhael Mathius EFEKTIVITAS APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU (SIPINTER) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN. EFEKTIVITAS APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU (SIPINTER) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN. (Unpublished)

[img] Text
rafhael repositoryy fixxx.pdf

Download (465kB)

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP): Tangerang Regency is one of the cities and regencies that have started using information and communication technology. To improve public service standards, Tangerang Regency is also taking advantage of the growth of internet-based information and communication technology. DPMPTSP Tangerang Regency is one of the Regional Apparatus Organizations (OPD) that has utilized information and communication technology. Purpose: The purpose of this study is to describe the Effectiveness of the SIPINTER Application, the inhibiting and supporting factors for the SIPINTER Application and efforts to overcome the obstacles to the SIPINTER Application in improving Licensing Services at the Investment Service and One-Stop Integrated Services (DPMPTSP) Tangerang Regency, Banten Province. Method: The research method used in this study is a qualitative descriptive method. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. Data analysis techniques start from data reduction, data presentation and drawing conclusions. Results/Findings: research results namely the implementation of the SIPINTER application for targeting accuracy has not been fully fulfilled because there are still many groups of people who do not know about the SIPINTER application, socialization has been carried out by the government starting from various sub-district, sub-district or village levels but there are still many groups of people who do not know the use and functions of the SIPINTER application and the inaccuracy of targeting the public using the SIPINTER application. Conclusion: Monitoring continues to be carried out by DPMPTSP so that public complaints about the SIPINTER application can continue to be improved and so that they always develop improvements to the SIPINTER application, of course supervision really needs to be carried out so that input and suggestions can be received by the application developer. Keywords: Effectiveness, Sipinter Application for Licensing Services, Investment Service and One- Stop Integrated Services ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP):Kabupaten Tangerang merupakan salah satu kota dan kabupaten yang sudah mulai menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk meningkatkan standar pelayanan publik, Kabupaten Tangerang juga memanfaatkan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet. DPMPTSP Kabupaten Tangerang merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai Efektivitas Aplikasi SIPINTER, faktor penghambat dan pendukung Aplikasi SIPINTER serta upaya untuk mengatasi hambatan Aplikasi SIPINTER dalam meningkatkan Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.Metode:Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil/Temuan:hasilpenelitian yakni Implementasi aplikasi SIPINTER ketepatan sasaran belum sepenuhnya Terpenuhi dikarenakan masih banyak golongan masyarakat yang tidak mengetahui Aplikasi SIPINTER tersebut, Sosialisasi telah dilakukan oleh pemerintah mulai dari Berbagai tingkat kecamatan,kelurahan ataupun desa tetapi masih banyak golongan Masyarakat yang belum mengetahui kegunaan dan fungsi Dari aplikasi SIPINTER Tersebut dan kurang tepatnya sasaran masyarakat yang menggunakan aplikasi SIPINTER.Kesimpulan: Pemantauan Terus dilakukan oleh pihak DPMPTSP agar keluhan masyarakat mengenai aplikasi SIPINTER bisa terus diperbaiki dan agar selalu melakukan pengembangan perbaikan Aplikasi SIPINTER tentunya pengawasan sangat perlu dilakukan agar masukan dan saran dapat diterima oleh pengembang Aplikasi Tersebut. KataKunci:Efektivitas,Aplikasi SipinterPelayanan Perizinan, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:58
Last Modified: 03 Aug 2023 06:58
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item View Item