EFEKTIVITAS APLIKASI E-KINERJA DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BKPSDMD KABUPATEN BANGKA BARAT PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Rivaldi, Mochamad (2023) EFEKTIVITAS APLIKASI E-KINERJA DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BKPSDMD KABUPATEN BANGKA BARAT PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Mochamad Rivaldi_30.0400_G2_Efektivitas Aplikasi E-Kinerja Dalam Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil di BKPSDMD Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.pdf

Download (536kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background : The current era of globalization forces people to be able to adapt quickly because current technological developments are already running fast. Likewise, the government sector has begun to change from a conventional government system to an electronic-based government system. This is what prompted the West Bangka district government to implement the E-Kinerja application, because it is considered that the employee's performance has decreased and is not working according to his duties. Purpose : This study aims to determine the effectiveness of the E-Kinerja application in assessing the performance of civil servants and the inhibiting factors for the effectiveness of the E-Kinerja application at BKPSDMD, West Bangka Regency. Method: The research model used is qualitative research with descriptive methods. In this study, researchers conducted interviews, observation and documentation at the research location as a data collection technique. Researchers use the theory of Information System Success by O'Brien and Marakas with the dimensions of Human Resources, Hardware, Software, Communication Networks and Data Resources. Results: The results of this study are that the E-Kinerja application has been running well and effectively, it can be seen from the 5 dimensions that there is only one dimension that has not fulfilled or has not run optimally, namely the Communication Network dimension which still has several problems such as slow internet networks and network infrastructure. inadequate, this is what hinders the running of the E-Kinerja application so that this needs to be improved so that the E-Kinerja application can run optimally. Conclusion : The E-Kinerja application has been running well but there are still some obstacles that need to be fixed and improved. Keywords : Effectiveness, E-Kinerja, Governance, Information Systems ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang : Era globalisasi saat ini memaksa manusia untuk dapat beradaptasi dengan cepat karena perkembangan teknologi saat ini sudah berjalan dengan cepat. Begitu juga dengan sektor pemerintahan sudah mulai berganti dari sistem pemerintahan konvensional beralih ke sistem pemerintahan berbasis elektronik. Hal ini yang mendorong pemerintah kabupaten Bangka Barat menerapkan aplikasi E-Kinerja, karena dinilai kinerja pegawai yang menurun dan bekerja tidak sesuai tugasnya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi E-Kinerja dalam penilaian kinerja pegawai negeri sipil dan faktor penghambat efektivitas aplikasi E-Kinerja di BKPSDMD Kabupaten Bangka Barat. Metode : Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini, peneliti melakukan wawancara, obeservasi dan dokumentasi di lokasi penelitian sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti menggunakan teori Keberhasilan Sistem Informasi oleh O’Brien dan Marakas dengan dimensi Sumber Daya Manusia, Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Jaringan Komunikasi dan Sumber Daya Data. Hasil/Temuan : Hasil dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi E-Kinerja sudah berjalan dengan baik dan efektif terlihat dari 5 dimensi hanya terdapat satu dimensi yang belum memenuhi atau belum berjalan dengna maksimal, yaitu dimensi Jaringan Komunikasi yang masih terdapat beberapa masalah seperti jaringan internet yang lamban dan infrastruktur jaringan yang belum memadai, hal ini yang menghambat berjalannya aplikasi E-Kinerja sehingga hal tersebut perlu ditingkatkan agar aplikasi E-Kinerja dapat berjalan dengan optimal. Kesimpulan : Aplikasi E-Kinerja sudah berjalan dengan baik namun masih ada beberapa kendala yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Kata-kata Kunci: Efektivitas, E-Kinerja, Pemerintahan, Sistem Informasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:52
Last Modified: 03 Aug 2023 01:52
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item