KUALITAS WEBSITE DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK (Studi Kualitas Situs Website kotamobagu.go.id dalam Penyampaian Informasi di Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara)

Friadi, Mohammad Arsandy (2023) KUALITAS WEBSITE DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK (Studi Kualitas Situs Website kotamobagu.go.id dalam Penyampaian Informasi di Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara). Other thesis, IPDN.

[img] Text
Mohammad Arsandy Friadi.pdf

Download (394kB)

Abstract

ABSTRACK Problem/Background (GAP): Information technology is closely related to the transformation and innovation of government systems in the form of electronic-based government systems to improve the ease and effectiveness of services to the community known as e-Government. The importance and strategic function or usefulness of the internet makes it a medium used to provide digital-based public information services, it can also be used as a supporting medium for business activities for the business world in the private sector and the public sector. Purpose: The objectives to be achieved from this study are To find out the quality of the website in delivering information in Kotamobagu City, To find out the obstacles that exist on the website kotamobagu.go.id in delivering information in Kotamobagu City, To find out what the Communication and Information Office is doing in improving the quality of the kotamobagu.go.id website. Method: For this in analyzing website quality, researchers use website quality theory according to Alvro Rocha. This study used a descriptive method with an inductive approach. Results: The results of this study show that the quality of the kotamobagu.go.id website is good in terms of providing information services to the public and several other supporting applications listed on the kotamobagu.go.id website . However, there are several obstacles faced by the Communication and Information Agency that need to be improved in the future. Conclusion: the quality of the kotamobagu.go.id website in delivering public information in Kotamobagu City, namely : The Kotamobagu City government website in conveying public information, namely the kotamobagu.go.id website is good in the quality of information delivery content to the public. Quality of service The information delivered is general and the basis for more detailed information about government activities in Kotamobagu City. The technical quality of the website can be accessed directly through the kotamobagu.go.id website, as for some of the services offered on the website to the public who use the website, including: 1. Services in the form of applications; 2. Prestasai and innovation; 3. Regional Budget (APBD); 4. Kotamobagu City government news; 5. Geographical conditions; 6. Important contacts. Keywords: : quality, Kotamobagu Website ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Teknologi informasi berkaitan erat dengan transformasi dan inovasi sistem pemerintahan dalam bentuk sistem pemerintahan berbasis elektronik guna menikngkatkan kemudahan dan efektifitas pelayanan kepada masyarakat yang dikenal dengan istilah e-Government. Penting dan strategisnya fungsi atau kegunaan dari internet menjadikannya sebagai media yang dimanfaatkan untuk menyediakan layanan informasi publik berbasis digital, juga dapat digunakan sebagai media penunjang kegiatan bisnis bagi kalangan dunia usaha di sector swasta maupun sector publik. Tujuan: Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kualitas website dalam penyampaian informasi di Kota Kotamobagu, Untuk mengetahui kendala-kendala yang ada pada website kotamobagu.go.id dalam penyampaian informasi di Kota Kotamobagu, Untuk mengetahui uapaya yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informasi dalam meningkatkan kualitas dari website kotamobagu.go.id. Metode: Untuk ini dalam menganalis kualitas website peneliti menggunakan teori kualitas situs website menurut Alvro Rocha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas website kotamobagu.go.id sudah baik dalam hal menyediakan layanan informasi kepada masyarakat dan beberapa aplikasi penunjang lainnya yang tercantum dalam website kotamobagu.go.id. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi Dinas Kominfo yang perlu dilakukan perbaikan kedepannya. Kesimpulan: kualitas dari website kotamobagu.go.id dalam penyampaian informasi publik di Kota Kotamobagu, yaitu : Website pemerintah Kota Kotamobagu dalam menyampaikan informasi publik yaitu website kotamobagu.go.id sudah baik dalam kualitas konten penyampaian informasi kepada masyarakat. Kualitas layanan Informasi yang disampaikan bersifat umum dan dasar untuk informasi yang lebih terperinci seputar kegiatan pemerintahan di Kota Kotamobagu. Kualitas teknis dari website tersebut sudah bisa diakses langsung melalui website kotamobagu.go.id, Adapun beberapa layanan yang ditawarkan dalam website tersebut kepada masyarakat yang menggunakan website tersebut, antara lain: 1. Layanan berupa apilkasi; 2. Prestasai dan inovasi; 3. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD); 4. Berita pemerintahan Kota Kotamobagu; 5. Kondisi geograifs; 6. Kontak penting. Kata Kunci: : kualitas, Website Kotamobagu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:32
Last Modified: 02 Aug 2023 08:32
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16234

Actions (login required)

View Item View Item