EFEKTIFITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI e-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI KABUPATEN MERAUKE PROVINSI PAPUA SELATAN

Yawok, Januarius H. (2023) EFEKTIFITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI e-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI KABUPATEN MERAUKE PROVINSI PAPUA SELATAN. Other thesis, IPDN.

[img] Text
RY januarius yawok 30.pdf

Download (340kB)

Abstract

ABSTRACT Dispute/Background (GAP): Government administrators in Indonesia are directly or indirectly required to be able to adjust to existing changes by fulfilling every demand in order to be able to adapt to the changes brought about by the industrial revolution 4.0, namely by creating quality servants who have more competent capabilities and quality to meet job demands. Purpose: The purpose of this study was to determine the effectiveness of ASN performance in e-KTP administration services at the Merauke Regency Population and Civil Registration Service. METHOD :The writer decided to use descriptive research. In general, qualitative descriptive research is a research procedure that uses a scientific method to find answers to the formulation of the problem by going directly to the field to examine the problems and events that occur, can be used as a solution to a problem and can be used as a specific use. Results/Findings: The results of the study show that the effectiveness of ASN performance in e-KTP administration services at the Population and Civil Registration Service of Merauke Regency is going well, but there is still a need for improvement to be made and the effectiveness of ASN performance in e-KTP administration services is still constrained by several problems such as infrastructure, time discipline, lack of skills or skills and attitudes, but all can still be handled properly in the services provided to the community. Conclusion: The ability to adapt to ASN is good in keeping up with the developments that occur with the services provided to the community, but it is indeed necessary to improve both from the ASN itself and in terms of infrastructure and attitudes and existing networks for better service. Keywords: Website, Merauke.go.id, Outreach, Problems, Efforts ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penyelenggaraan Pemerintahan di Indonesia secara langsung maupun tidak langsung dituntut untuk dapat menyesuaikan perubahan yang ada dengan memenuhi setiap tuntutan agar dapat beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0 yakni dengan menciptakan kualitas pelayan yang memiliki kemampuan lebih berkompeten dan berkualitas sehingga dapat memenuhi tuntutan pekerjaan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kinerja ASN dalam pelayanan administrasi e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupten Merauke. Metode : Secara umum Penelitian deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian yang mengunakan cara yang ilmiah dalam menemukan jawaban atas rumusan masalah dengan turun langsung di lapangan untuk meneliti masalah serta peristiwa yang terjadi bent sehup apat dijadikan sebagai suatu penyelesaian atas suatu masalah dan dapat dijadikan sebagai keguanaan tertentu. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas kinerja ASN dalam pelayanan administrasi e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke berjalan dengan baik, namun masih perlu adanya peningkatan yang dilakukan dan untuk efektifitas kinerja ASN dalam pelayanan administrasi e-KTP masih terkendala beberapa masalah seperti sarana prasarana,kedisiplinan waktu,kurangnya ketrampilan atau skil dan juga sikap, namun semua masih dapat ditangani dengan baik dalam pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Kesimpulan: Kemampuan menyesuaikan diri para ASN sudah baik dalam mengikuti perkembagan yang terjadi dengan pelayanan yang diberiakan kepada masyarakat, namun memang perlu adanya peningkatkan baik itu dari ASN sendiri maupun dari segi sarana prasarana dan sikap serta jaringan yang ada untuk pelayanan yang lebih baik. Kata Kunci: Website, Merauke.go.id, Sosialisasi, Permasalahan, Upaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:00
Last Modified: 28 Jul 2023 04:00
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item View Item