KINERJA DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN KARANGASEM PROVINSI BALI

Wirya Adnyana, I Kadek (2023) KINERJA DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN KARANGASEM PROVINSI BALI. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Kadek Wirya.pdf

Download (263kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The transformation of changing times and the rapid development of technology requires humans to be able to adapt and develop their qualities and abilities. This incident requires the government to always innovate, one of which is in the field of licensing services. Central and regional governments make various innovations to support services in the field of digital-based licensing. Purpose: This research is intended to collect data and then analyzed to obtain results that can provide an overview related to performance in the implementation of the Online Single Submission (OSS) information system at the Investment Office and One-Stop Integrated Services, Karangasem Regency, Bali Province. Next describes what factors are supporting and inhibiting, and what efforts are made to overcome these inhibiting factors. Method: The theory used to analyze is the theory of organizational performance of regional devices by Mahsun. Several factors that can determine the performance of a regional organization are from indicators of input, process, output, outcomes, benefits, and impact. The research design used in this study is qualitative research using descriptive methods and indicurive approaches. Data collection techniques use three ways, namely, interviews, observation, and documentation. The data that has been collected is analyzed starting from data reduction, data presentation, and conclusions. Result: From the results of this study, it can be concluded that the performance of DPMPTSP Karangasem Regency has been carried out very well. However, there are still some obstacles in the implementation of the policy. Conclusion: The author provides advice, namely socializing the operation of the OSS information system, conducting routine checks on facilities and infrastructure. Keywords: Performance, OSS Information System, Investment, Integrated Services ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Transformasi perubahan zaman serta perkembangan teknologi yang begitu cepat mengharuskan manusia agar mampu beradaptasi dan mengembangkan kualitas juga kemampuan diri. Atas kejadian tersebut menuntut pemerintah agar selalu berinovasi salah satunya dalam bidang pelayanan perizinan. Pemerintah pusat ataupun daerah membuat beragam inovasi untuk mendukung pelayanan di bidang perizinan dengan berbasis digital. Tujuan: Penelitian ini dimaksudkan guna mengumpulkan data serta selanjutnya dianalisis untuk memperoleh hasil yang dapat memberikan gambaran terkait dengan kinerja dalam penerapan sistem informasi Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karangasem Provinsi Bali. Selanjutnya menguraikan faktor – faktor apa saja yang menjadi pendukung serta penghambat, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi faktor – faktor penghambat tersebut. Metode: Teori yang digunakan guna menganalisis yakni teori kinerja organisasi perangkat daerah oleh Mahsun. Beberapa faktor yang dapat menentukan kinerja suatu organisasi daerah yakni dari indikator masukan (input), proses (process), keluaran (output), hasil (outcomes), manfaat (benefit), serta dampak (impact). Desain penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan indikutif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data – data yang telah terkumpul dianalisis mulai dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kinerja DPMPTSP Kabupaten Karangasem telah terlaksana dengan sangat baik. Namun masih ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Kesimpulan: Penulis memberikan saran yakni melakukan sosialisasi pengoperasian sistem informasi OSS, melakukan pengecekan rutin sarana dan prasarana. Kata kunci: Kinerja, Sistem Informasi OSS, Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:49
Last Modified: 24 Jul 2023 08:49
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16197

Actions (login required)

View Item View Item