ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI (STUDI KASUS APLIKASI PENGADUAN RAKYAT ONLINE) DI KOTA DENPASAR

Astina Putra, Made Krsna Dwipa (2023) ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI (STUDI KASUS APLIKASI PENGADUAN RAKYAT ONLINE) DI KOTA DENPASAR. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
MADE KRSNA DWIPA ASTINA PUTRA_30.1058_ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI (STUDI KASUS APLIKASI PENGADUAN RAKYAT ONLINE) DI KOTA DENPASAR.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the implementation of public complaint services based on e-Government through the Department of Communication and Informatics of Denpasar City. Purpose: The aim of this research is to examine how the implementation of the PRO Denpasar Application as a public complaint service in Denpasar City. Method: This research uses a qualitative descriptive research method with an inductive approach. Data collection techniques include semi-structured interviews, participatory observation, and documentation. The data analysis techniques used include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Result: The findings obtained by the author in this research are that the implementation of the PRO Denpasar Application has been well executed, but its implementation in society has not been fully adopted by the public. Conclusion: The implementation of the PRO Denpasar Application in public complaint services in Denpasar City has not been fully embraced by the public, which can be observed through Jhon Cadler's theory based on its eleven dimensions. Keywords: Technology Implementation, Public Complaint Service, PRO Denpasar Application. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan pengaduan publik berbasis e-Government melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana Penerapan dari Aplikasi PRO Denpasar sebagai layanan pengaduan publik di Kota Denpasar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara semi terstruktur, observasi secara partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis Data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu penerapan Aplikasi PRO Denpasar sudah terlaksana dengan baik, namun dalam penerapannya dimasyarakat masih belum sepenuhnya di terapkan oleh masyarakat. Kesimpulan: Penerapan Aplikasi PRO Denpasar dalam pelayanan pengaduan publik di Kota Denpasar belum sepenuhnya di terapkan oleh masyarakat, hal ini dapat dilihat melalui teori Jhon Cadler, berdasarkan sebelas dimensinya. Kata kunci: Penerapan Teknologi, Layanan Pengaduan Publik, Aplikasi PRO Denpasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:54
Last Modified: 24 Jul 2023 07:54
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16146

Actions (login required)

View Item View Item