PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA PALEMBANG

RAHMADANI, M (2023) PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA PALEMBANG. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Repository Skripsi M.RAHMADANI.pdf

Download (298kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini dilatar belakangi dengan beberapa faktor yaitu pegawai kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang belum optimal, terutama proses kerja dan kondisi pekerjaan yang dilakukan, kurang tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, masih adanya kesalahan dalam melakukan pekerjaan, masih ada sebagian pegawai yang kurang mampu dalam menyelesaikan pekerjaannya, selain itu, pegawai memperoleh motivasi dari pimpinan terutama yang menyebabkan pegawai kurang berpartisipasi dan komunikasi dalam usaha pencapaian tugas serta pegawai masih ada yang kurang tertarik dengan pekerjaan yang dilakukan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu pegawai badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia kota palembang yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara purposive sample, sedangkan teknik pengumpulan data digunakan dengan menyebar kuisioner. Untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Dalam menganalisis data kuantitatif digunakan analisis korelasi dimana proses perhitungannya menggunakan SPSS 24.0. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini diketahui dari hasil uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, ini diketahui dari thitung 4,633 lebih besar dari ttabel 1,684 ini berarti secara parsial dapat diketahui bahwa variabel X (motivasi kerja) berpengaruh terhadap variabel Y (kinerja pegawai). Sedangkan motivasi terhadap kinerja pegawai memiliki hubungan yang kuat, ini diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,601 atau sebesar 60,1%. Kemudian terdapat kontribusi yang cukup antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, ini diketahui dari besaran nilai koefisien determinasi sebesar 0,361 atau sebesar 36,1%. Kesimpulan: Berdasarkan Analisis yang dilakukan penulis bahwasanya hasil Korelasi Product Moment (pearson) terdapat Pengaruh antara variabel motivasi kerja (x) dengan kinerja pegawai (y) di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang.Karena nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,601 maka berdasarkan tabel interval koefisien hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang memiliki hubungan yang kuat. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Public Sector Human Resource Management
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:08
Last Modified: 21 Jul 2023 07:08
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item