KOMLETENSI PEGAWAI DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

LOMI, YOKA (2023) KOMLETENSI PEGAWAI DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Repositori YOKA LOMI.pdf

Download (398kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penempatan pegawai sesuai dengan kompetensi dan keahliannya tentu sangatlah penting. Apabila penempatan pegawai tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, maka akan memberatkan pegawai dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaannya sehingga menghambat kelancaran dalam melaksanakan pekerjaan dan juga akan menyebabkan terjadinya kebosanan. Hal ini tentu akan berdampak juga pada kinerja yang dihasilkan oleh pegawai tersebut. Tujuan: Tujuan dari Penelitian dilakukan guna mengetahui bagaimana kompetensi pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Timur., dan untuk mengetahui faktor apa yang menghambat, serta upaya apa yang dilakukan oleh Dinas dalam mengatasinya. Metode: Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pegawai yang ada masih harus ditingkatkan. Faktor penghambat seperti: kurangnya pegawai yang penempatannya sesuai dengan dengan klasifikasi yang dibutuhkan oleh dinas dan terbatasnya anggaran untuk melaksanakan kegiatan bimtek dan pelatihan guna menungkatkan kualitas pegawai. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa menunjukan bahwa kompetensi pegawai yang ada masih harus ditingkatkan. Kata kunci: Kompetensi, Pegawai, Pelayanan Publik ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Placement of employees according to their competence and expertise is of course very important. If the placement of employees is not in accordance with the competencies they have, it will be burdensome for employees in carrying out their duties and work so that it hinders the smooth running of work and will also cause boredom. This of course will also have an impact on the performance produced by these employees. Purpose: The research was conducted to find out how the competence of employees at the Investment and One Stop Service Office of East Nusa Tenggara Province, and to find out what factors hindered it, as well as what efforts were made by the Office in overcoming it. Method: This research uses qualitative research with descriptive methods through an inductive approach. Data collection techniques were carried out by interviews, observation and documentation. Result: The results of the study show that the competence of existing employees still needs to be improved. Inhibiting factors such as: the lack of employees whose placement is in accordance with the classification required by the agency and the limited budget for carrying out technical guidance and training activities to improve the quality of employees. Conclusion: Based on the results of research in the field it can be concluded that the competence of existing employees still needs to be improved. Keywords: Competency, Employee, Public Service

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Study of Human Resources Management
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:36
Last Modified: 18 Jul 2023 06:36
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16017

Actions (login required)

View Item View Item