KEEFEKTIVAN DINAS PENDIDIKAN DALAM PROGRAM LAYANAN TAK BOLEH BERHENTI SEKOLAH (POLTABES) BAGI ANAK JALANAN DAN PUTUS SEKOLAH DI KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

FARMAN WAHYUDI, WAHYUDI (2023) KEEFEKTIVAN DINAS PENDIDIKAN DALAM PROGRAM LAYANAN TAK BOLEH BERHENTI SEKOLAH (POLTABES) BAGI ANAK JALANAN DAN PUTUS SEKOLAH DI KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img] Text
Reporstori D4 M. Wahyudi Farman.pdf

Download (452kB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Salah satu tujuan negara ialah mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana dituangkan pada pembukaan UUD 1945 pada alenia ke-4. Pendidikan adalah urusan pemerintahan yang konkuren yakni urusan pemerintahan wajib serta digolongkan dalam Pelayanan dasar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektivan, kendala, dan upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah (POLTABES) bagi Anak Jalanan dan Putus Sekolah di Kota Palembang yang merupakan suatu program inovasi dari Dinas Pendidikan Palembang dalam upaya penurunan angka anak putus sekolah yang di Kota Palembang dan memberikan pendidikan kepada semua warga yang tidak bersekolah atau putus sekolah untuk melanjutkan sekolah kembali. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif yang berdasarkan teori Keefektivan Duncan yang terdiri dari dimensi pencapaian tujuan, integritas, dan adaptasi. Teknik anaIisis data pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis data oleh MiIes & Huberman (1992) yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data) dan Penarikan Kesimpulan (Conlusions). Hal ini berdasarkan fakta-fakta yang telah didapatkan saat melaksanakan observasi mengenai Efektivitas Dinas Pendidikan dalam Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah (POLTABES) Bagi Anak Jalanan dan Anak Putus Sekolah di Kota Palembang. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Dinas Pendidikan dalam Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah (POLTABES) dapat dikatakan berjalan dengan efektif atau berjalan sesuai dengan tujuan karena program yang dilaksanakan Dinas Pendidikan kota Palembang sudah cukup baik dengan terdapatnya anak yang putus sekolah dapat mengikuti serta melanjutkan kembali pendidikan setara dengan kurikulum yang ada. Walaupun terdapat kendala layaknya jarak yang mesti ditempuh siswa dari rumah ke sekolah yang terbilang cukup jauh, belum optimalnya masyarakat dalam mengakses layanan Pendidikan yang disediakan dan pelaksanaan program yang kurang efektif dan efisien, dan sistem pengawasan dan pengendalian belum berjalan optimal. Kesimpulan: Program dilaksanakan Dinas Pendidikan berjalan sesuai dengan tujuan karena mampu mengatasi angka anak putus sekolah yang ada dan jumlah anak yang putus sekolah dari tahun ke tahun mengalami penurunan di Kota Palembang dengan pelaksanaan program berjalan sesuai dengan standar pelaksanaan atau SOP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:01
Last Modified: 17 Jul 2023 08:01
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15998

Actions (login required)

View Item View Item