IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN

NIRA CHOPIPAH, NIRA (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN. Diploma thesis, IPDN.

[img] Text
REPOSITORY NIRA CHOPIPAH FIX.pdf

Download (480kB)

Abstract

Pernyataan Masalah/ Latar Belakang (GAP) : Program pelayanan Kartu Identitas Anak merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang dalam Meningkatkan Penerbitan KIA yang masih rendah tingkat kepemilikannya di masyarakat sehingga belummencapai target nasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan program pelayanan dalam meningkatkan penerbitan KIA di Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Dalam pengumpulan data Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori pelaksanaan yang dikemukakan oleh Van Horn. Dalam teori ini, pelaksanaan diukur melalui 6 (enam) dimensi yaitu ukuran-ukuran dasar dan tujuan kebijakan, sumber daya, Komunikasi antar organisasi dan kegiatan pelaksanaan, Karakteristik badan pelaksana, Lingkungan ekonomi, sosial,dan politik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelayanan dalammeningkatkan penerbitan KIA sudah baik. Kesimpulan terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan program pelayanan guna meningkatkan penerbitan KIA dan hambatan dari masyarakat. Hambatandalam pelaksanaan program pelayanan dalam penerbitan KIA yakni anggaran, jarak antarkecamatan terhadap pusat pelayanan dan cuaca yang tidak mendukung serta sarana prasarana.Adapun hambatan dari masyarakat yakni kurangnya tingkat kesadaran dan tingkat pemahaman. Namun hambatan tersebut dapat diatasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang melalui upaya-upaya sehingga pelaksanaan program pelayanan dalam meningkatkan penerbitan KIA di Kabupaten Tangerang berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:38
Last Modified: 17 Jul 2023 04:38
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15987

Actions (login required)

View Item View Item