MANAJEMEN LOGISTIK DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN PEGUNUNGAN ARFAK PROVINSI PAPUA BARAT

Indou, Yesaya (2023) MANAJEMEN LOGISTIK DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN PEGUNUNGAN ARFAK PROVINSI PAPUA BARAT. Other thesis, Ipdn.

[img] Text
Yesaya Indou 30.1564 Manajemen Logistik Dalam Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat.pdf

Download (344kB)

Abstract

Latar belakang: Manajemen Logistik Dalam Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pegunungan Arfak terkait bantuan logistik dari pemerintah daerah yang belum efektif memberikan bantuan logistik pada masyarakat sehingga masih menimbulakan banyak korban dan kerugian material yang menyebabkan berbagai masalah pada hal telah melibatkan banyak pihak instansi dalam pelaksanaan bantuan logistik dalam penanggulangan bencana.Tujuan: tujuan dari penelitian ini untuk mengindentifikasii faktor penyebab penanggulangan bencana daerah dan menganalisis manajemen logistik yang diterapkan oleh pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana daerah di kabupaten Pegunungan Arfak. Metode: Metode yang digunakan yakni motode dekriptif dalam penelitian Kualitatif dengan pendekatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Logistik Dalam Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pegunungan Arfak di kaji dari proses kolaborasi yang mempengaruhi pengelolaan tanggap darurat penanggulangan bencana yaitu: perencanaan dan pengendalian yang dinilai masih kurang baik dalam menudukung pengelolaan tanggap darurat bencana yang menyebabkan kurangnya hubungan komunikasi antar pihak untuk membangun pemahaman yang sama dalam mempersiapkan segala bentuk perencanaan dan strategi pelaksanaan tanggap darurat. Selain itu terdapat keterbatasan informasi, kurangnya sumber daya manusia, dan sarana prasarana yang kurang memadai sehingga menjadi faktor penyebab penanggulangan bencana pada masa tanggap darurat belum dilakukan secara sistematis di Kabupaten Pegunungan Arfak. Kesimpulan: Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian bahwa manajemen logistik kabupaten Pegunungan Arfak belum memberikan kontribusi dengan baik, dimana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pegunungan Arfak sudah menjalankan tahap tiap tahap manajemen sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dimana seluruh indikator dari 4 demensinya belum terpenuhi. Kata kunci: manajemen Logistik bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:15
Last Modified: 13 Jul 2023 07:15
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15845

Actions (login required)

View Item View Item