SISTEM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI DPMTSP KOTA BANDUNG JAWA BARAT

Sumbara, Fajri Wira (2023) SISTEM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI DPMTSP KOTA BANDUNG JAWA BARAT. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Fajri Wira Ringkasan Skripsi (depository).pdf

Download (405kB)

Abstract

ABSTRAK Pada Sistem Pelayanan Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat terdapat beberapa masalah yang menyebabkan kurangnya sistem pelayanan izin mendirikan bangunan yaitu masih banyak bangunan yang belum memiliki izin mendirikan bangunan, masih kurangnya pengetahuan masyarakat terkait izin mendirikan bangunan, keterlambatan waktu penerbitan izin mendirikan bangunan. Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan sangat berpengaruh pada pemerintahan dimasa yang akan datang di Kota Bandung. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelitian.Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan penerbitan izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dengan mengkaji teori yang dikemukakan oleh Pamungkas(2006) yang membagi Sistem Pelayanan menjadi tiga (3) dimensi yaitu Input, Proses, Output. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara Semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem pelayanan penerbitan izin mendirikan bangunan di Kota Bandung dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Masih kurangnya kesadaran dari masyarakat Kabupaten Banggai akan prosedur dan persyaratan dari pengurusan izin mendirikan bangunan dan keterlambatan penerbitan izin mendirikan bangunan yang disebabkan oleh surat rekomendasi kelayakan bangunan dari tim teknis yang tidak ada kejelasan waktu.Oleh karna masih terdapat kendala terkait sistem pelayanan izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung maka pemerintah hendaknya memberikan sosialisasi kepada masyarakat, pemerintah hendaknya membuat website terkait izin mendirikan bangunan agar jika ada masyarakat yang masih kurang paham bisa melihatnya langsung melalui internet dan pemerintah hendaknya berkoordinasi dengan tim teknis dan juga dari pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu terkait ketepatan waktu dari penerbitan surat rekomendasi kelayakan bangunan. Kata Kunci : Sistem Pelayanan, Masyarakat, Izin Mendirikan Bangunan. ABSTRACT On the System of Service for Issuing Building Permits at the Investment Service and One Stop Integrated Services, Bandung City, West Java Province, there are several problems that cause a lack of system of service for building permits, namely there are still many buildings that do not have building permits, there is still a lack of public knowledge regarding construction permits. buildings, delays in the issuance of building permits. Building Permit Services are very influential on future government in Bandung City. Therefore it is necessary to do a research. The purpose of this study is to find out how the system of service for issuing building permits at the Office of Investment and One-Stop Integrated Services, Bandung City, West Java Province. The method used in this study is descriptive qualitative with an inductive approach by examining the theory proposed by Pamungkas (2006) Input, proces, output. Sources of data used in the form of primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques used are semi-structured interviews and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the analysis show that the service system of issuing building permits in Bandung City is influenced by several factors, namely the lack of awareness of the people of Bandung City regarding the procedures and requirements of obtaining building permits and delays in issuing building permits caused by a building feasibility recommendation letter from the technical team. which there is no clarity of time. Because there are still obstacles related to the system of service for building permits at the Bandung City Investment and One Stop Service, the government should provide socialization to the community, the government should create a website related to building permits so that if there are people who still don't understand, they can see it directly through The internet and the government should coordinate with the technical team as well as from the Office of Investment and One Stop Integrated Services regarding the timeliness of the issuance of a building feasibility recommendation letter. Keywords: service system, public, building permit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:59
Last Modified: 13 Jul 2023 03:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15836

Actions (login required)

View Item View Item