EFEKTIVITAS WEBSITE DISDUKCAPIL DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Maulida, Yuanita (2023) EFEKTIVITAS WEBSITE DISDUKCAPIL DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. EFEKTIVITAS WEBSITE DISDUKCAPIL DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. (Unpublished)

[img] Text
Yuanitamaulida_G3_repository.pdf

Download (419kB)

Abstract

ABSTRACT (in english) Problem Statement/Background (GAP): In order to realize Presidential Regulation Number 95 of 2018 concerning Electronic-Based Government Systems which demands the implementation of electronic-based government (e-government) and to be able to improve the quality of service to the community, the Population and Civil Registration Service has created electronic-based population administration services for the people of Kapuas Regency throughawebsite official Disdukcapil Kapuas district which can be accessed via the link https://disdukcapil.kapuaskab.go.id/. Purpose: This study aims to determine the effectiveness of the Disdukcapil website in providing population services in Kapuas District, Central Kalimantan Province. Method: This research uses a qualitative descriptive method with an inductive approach. Data collection techniques were carried out byinterviews, observation and documentation. Data analysis techniques were obtained through data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. The study uses effectiveness theory according to (Campbell, 1989) which consists of 3 (three) dimensions, namely: program success, target success and satisfaction with the program. Result: The results showed that the effectiveness of implementing the website in population administration services by the Disdukcapil of Kapuas Regency was not effective. There are several obstaclesor obstacles that occur during the process of using the Disudukcapil websitein population services, namely: inadequate infrastructure facilities andthere are still many people in Kapuas Regency who are technological lyilliterate. Conclusion: Based on the results of the research, it can be concluded that the Disdukcapil Website of Kapuas Regency has not been able to carry out the creation of population administration services online directly by each applicant because the website currently managed by Disdukcapil is still under Diskominfo, so what is entered from the website will accumulate first in Diskominfo and will be burdensome for Diskominfo itself. Keywords: Effectiveness, population administration, website. ABSTRAK (in bahasa) Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Demi mewujudkan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun2018tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang menuntut pelaksanaan pemerintahan berbasis elektronik (e-government) serta untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menciptakan layanan adminsitrasi penduduk berbasis elektronik bagi masyarakat Kabuapaten Kapuas melalui website resmi Disdukcapil kabupaten Kapuas yang dapat diakses melalui link https://disdukcapil.kapuaskab.go.id/. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas website Disdukcapil dalam pelayanan kependudukan di 1 Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Metode: Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif denganpendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data diperolehmelalui reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Penelitian menggunakan teori efektivitas menurut (Campbell, 1989) yang terdiri dari 3 (tiga) dimensi yaitu: keberhasilan program, keberhasilan sasaran dan kepuasan terhadap program. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas penerapan website dalam pelayanan adminsitrasi penduduk oleh Disdukcapil Kabupaten Kapuas belum efektif. Terdapat beberapa kendala atau hambatan yang terjadi selama proses penggunaan website Disudukcapil dalam pelayanan kependudukan, yaitu: fasilitas sarana prasarana yang belum memadai dan masih banyak masyarakat Kabupaten Kapuas yang gagap teknologi. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Website Disdukcapil Kabupaten Kapuas belum dapat melaksanakan pembuatan layanan administrasi kependudukan secara online langsung oleh masing-masing pemohon karena karena website yang saat ini dikelola oleh Disdukcapil masih berada dibawah Diskominfo, sehingga apa yang masuk dari website itu akan menumpuk dulu di Diskominfo dan akan memberatkan pihak Diskominfo itu sendiri. Kata Kunci: Efektivitas, administrasi penduduk, website. I. PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pelayanan publik (public service) merupakan salah satu

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:09
Last Modified: 21 Jul 2023 03:09
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item