Syech, Abillio Attalarik (2023) OPTIMALISASI PELAYANAN SISTEM INFORMASI PARIWISATA MELALUI APLIKASI PARDUTA (PARIWISATA TERPADU TULUNGAGUNG) MENGGUNAKAN METODE SINGLE EASE QUESTION. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
Abillio Attalarik Syech_30.0760_OPTIMALISASI PELAYANAN SISTEM INFORMASI PARIWISATA MELALUI APLIKASI PARDUTA (PARIWISATA TERPADU TULUNGAGUNG) MENGGUNAKAN METODE SINGLE EASE QUESTION.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement: The current era of globalization forces the government to immediately adapt to digital government by implementing an electronic-based government system, especially due to the Covid-19 pandemic. One of the sectors that has an impact is tourism, especially in Tulungagung Regency which makes digitalization in the application of information services a thing that must be carried out by the Tulungagung Regency Culture and Tourism Office. Purpose: The aim of this research is to find out how to analyze the Optimization of Tourism Information Services through the PARDUTA (Tulungagung Integrated Tourism) Application. Methods: Qualitative research methods are used in research conducted by researchers. In addition, researchers also evaluated the PARDUTA application using Usability Testing with the Single Ease Question (SEQ) Method. Results: The results of the study stated that the PARDUTA application was considered not optimal in providing electronic-based tourism information services. The cause of this application not being optimal is because the Parduta application is not yet perfect and socialization and promotions are still not reaching the target user. Keywords: Optimization, Tourism, Usability Testing. ABSTRAK Pemasalahan : Era Globaliasi dewasa ini membuat pemerintahan harus segera peradaptasi dalam pemerintahan digital dengan menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, terlebih lagi karena terjadinya Pandemi Covid-19. Salah satu sektor yang berdampak adalah pariwisata khususnya di Kabupaten Tulungagung yang membuat digitalisasi dalam penerapan pelayanan informasi merupakan hal yang harus dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. Tujuan : Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa Optimal Pelayanan Informasi Pariwisata Melalui Aplikasi PARDUTA (Pariwisata Terpadu Tulungagung). Metode : Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Selain itu peneliti juga mengevaluasi Aplikasi PARDUTA menggunakan Usability Testing dengan Metode Single Ease Question (SEQ). Hasil : Hasil penelitian menyatakan bahwa Aplikasi PARDUTA dinilai belum optimal dalam melakukan pelayanan informasi pariwisata berbasis elektronik. Penyebab belum optimalnya aplikasi ini dikarenakan belum sempurnanya Aplikasi Parduta serta sosialisasi dan promosi yang masih kurang mencapai target pengguna. Kata Kunci : Optimalisasi, Pariwisata, Usability Testing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:38 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:38 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15717 |
Actions (login required)
View Item |