Nadwa, Asmirotun (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BAGI SUKU ANAK DALAM (SAD) OLEH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI. Other thesis, IPDN.
|
Text
REPOSITORY ASMIROTUN NADWA 1.pdf Download (503kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/ Background (GAP) : The actions taken by the Education and Culture Office have encountered difficulties because the implementation of Early Childhood Education for the Orang Rimba (SAD) in 2021 follows the education policy during the outbreak. They continue to propose activities that support the implementation of the Early Childhood Education (Internal Childhood) program during the activity planning process carried out by the Early Childhood Education (SAD) field. The purpose of this study is to determine the implementation of the Early Childhood Education program for the Orang Rimba (SAD) by the Education and Culture Office of Sarolangun District, Jambi Province. The method used in carrying out research is qualitative research method, which is research that uses data collection, interpretation, and analysis to describe the actual situation at the time the research is conducted. The results showed that overall, the Sarolangun District Education and Culture Office can be said to have implemented the Early Childhood Education (PAUD) program for the Orang Rimba (SAD) well. The conclusion of this study is that there are still obstacles in the implementation of early childhood education programs in the Orang Rimba including: Lack of Awareness that the Importance of Education on the part of Orang Rimba parents, a less conducive environment, and Lack of Implementation Planning activities carried out specifically for the Early Childhood Education (PAUD) program for the Orang Rimba (SAD) Keywords : Implementation, Early Childhood Education, Orang Rimba ABSTRAK Pernyataan Masalah/ Latar Belakang (GAP) : Tindakan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengalami kesulitan karena pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Suku Anak Dalam (SAD) tahun 2021 mengikuti kebijakan pendidikan di masa wabah. Mereka tetap mengusulkan kegiatan yang mendukung pelaksanaan program Pendidikan Anak Usia Dini (Internal Childhood) selama proses perencanaan kegiatan yang dilakukan oleh bidang Pendidikan Anak Usia Dini (SAD). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi program Pendidikan anak usia dini bagi suku anak dalam (SAD) oleh dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten sarolangun provinsi jambi. Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian adalah metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan pengumpulan data, interpretasi, dan analisis untuk menggambarkan keadaan sebenarnya pada saat penelitian dilakukan. Hasil Penelitian menunjukan Secara keseluruhan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun dapat dikatakan telah melaksanakan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi Suku Anak Dalam (SAD) dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih terdapat hambatan dalam implementasi program pendidikan anak usia dini pada suku anak dalam diantaranya adalah : Kurangnya Kesadaran bahwa Pentingnya Pendidikan dari pihak Orang tua Suku Anak Dalam, Lingkungan yang kurang kondusif, dan Kurangnya Terlaksana Perencanaan kegiatan yang dilakukan khusus untuk program Pendidikan Anak Usia dini(PAUD) bagi Suku Anak Dalam (SAD) Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Anak Usia Dini, Suku Anak Dalam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Kebijakan Pemerintahan FPP |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:35 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:35 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15672 |
Actions (login required)
View Item |