EFEKTIVITAS KEBIJAKAN JAKARTA LAPOR DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI DKI JAKARTA

Suta Wijaya, Dimas (2023) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN JAKARTA LAPOR DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI DKI JAKARTA. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

JakLapor merupakan layanan pengaduan masyarakat kota Jakarta yang berbasis digital. Layanan JakLapor digunakan sebagai sarana pengaduan masyarakat untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan permasalahan kepada pemerintah. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat, dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta terhadap layanan Jakarta Lapor di Provinsi DKI Jakarta. Metode: Penulis menggunakan teori efektivitas kebijakan dari Riant Nugroho (2012) yang terdiri dari 5 (lima) dimensi tepat yaitu tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan, dan tepat proses. Metode yang penulis gunakan adalah metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan induktif.. Hasil/Temuan: Hasil penelitian yang dilakukan pada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta menunjukkan bahwa layanan JakLapor sudah cukup efektif digunakan sebagai sarana pengaduan masyarakat kota Jakarta. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa layanan JakLapor dalam pelaksanaannya di lapangan sudah berjalan sesuai sebagai sarana pengaduan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat dan daerah serta perkembangan teknologi informasi yang membuat layanan ini mudah untuk digunakan. Namun terdapat beberapa penghambat yang membuat layanan ini masih belum maksimal yaitu kurangnya sosialisasi, lambatnya laporan masuk, dan banyak laporan yang tidak sesuai. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta dalam menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan sosialisasi, melakukan perbaikan jaringan, dan melakukan pembekalan kepada petugas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka penulis dapat menyarankan kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta agar rutin untuk melakukan sosialisasi, meningkatkan kualitas pada sistem dan jaringan, memastikan keamanan pada identitas pelapor, dan melakukan pendidikan dan pelatihan rutin kepada petugas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:17
Last Modified: 05 Jul 2023 02:17
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item