EVALUASI PELAYANAN IMB PADA UPTSP DI KOTA SURABAYA

PUTRA, RAFI MAULANA ARYA (2023) EVALUASI PELAYANAN IMB PADA UPTSP DI KOTA SURABAYA. Other thesis, IPDN.

[img] Text
repository ( Rafi Maulana Arya Putra D1 30.0836).pdf

Download (258kB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pelaksanaan pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kota Surabaya menjadi perhatian saat ini, di tahun 2021 Pemerintah Kota Surabaya telah memberikan banyak relaksasi kebijakan, Salah satunya, diskon denda piutang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga Desember 2026. Namun kebijakan yang telah ditetapkan ini masih minim peminat sehingga menarik perhatian peneliti dalam bidang administrasi khususnya sesuai program studi peneliti. Hal tersebut disinyalir karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai betapa pentingnya kepemilikan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kota Surabaya supaya warga Kota Surabaya menjadi tertib administrasi yang berguna demi pembangunan daerah. Tujuan: Merujuk dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelayanan IMB pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UPTSP) Pusat di Kota Surabaya, diukur dengan menggunakan teori evaluasi yang memiliki 6 dimensi yakni efektivitas, efisiensi, pemerataan, kecukupan, responsivitas, dan 2 konsistensi. Metode: Berdasarkan permasalahan yang ada peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih mendalam dalam evaluasi pelayanan izin mendirikan bangunan pada unit pelayanan terpadu satu pintu di Kota Surabaya. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelayanan IMB telah dilakukan dengan sangat maksimal dan dengan sangat baik kepada masyarakat dengan segala bentuk kemudahan dan layanan yang sangat efisien, adil, dan responsif serta didukung dengan fasilitas yang amat memadai dan membuat nyaman masyarakat Kota Surabaya, meskipun ada beberapa hal yang perlu ditambahkan seperti bahasa asing pada website sswalfa supaya mempermudah investor asing dalam mengajukan permohonan IMB di UPTSP Kota Surabaya. Kesimpulan: Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kota Surabaya telah menunukan bagaimana contoh pelayanan adminstrasi yang modern, transparan, adil, dan keterbukaan biaya serta berbasis teknologi informasi sehingga masyarakat sangat mudah untuk mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan di Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surabaya. Kata Kunci : Evaluasi, Pelayanan Administrasi, IMB (Izin Mendirikan Bangunan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:02
Last Modified: 04 Jul 2023 04:02
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15533

Actions (login required)

View Item View Item