STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN E-GOVERNMENT OLEH DISKOMINFO KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA

SIREGAR, ALIF ULIL AZMI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN E-GOVERNMENT OLEH DISKOMINFO KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Alfi Ulil Azami Siregar REPOSITORI.pdf

Download (394kB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Komunikasi Dalam Peningkatan Pelayanan E-Government Oleh Diskominfo Kota Medan Provinsi Sumatera Utara Oleh: ALIF ULIL AZMI SIREGAR Dosen Pembimbing Ir. Murdiyana, M.SI Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan merupakan sebuah Lembaga yang bergerak di bidang pemenuhan pelayanan kebutuhan informasi oleh masyarakat. Implementasi ataupun penerapan e-government di Kota Medan masih tergolog kurang. Dengan demikian perlu untuk merancang sebuah strategi komunikasi dari pemerintah kepada masyarakat untuk memberi pemahaman tentang e- government yang merupakan program pemerintah yang awalnya layanan secara offline sudah bisa menjadi online. Tujuan dari penulisan skripsi ini ialah mengetahui strategi komunikasi dalam peningkatan pelayanan e-government oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan dalam Upaya yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan strategi komunikasi sebagai perwujudan layanan e- government bagi masyarakat di Kota Medan serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya tersebut. Metode yang penulis gunakan dalam menyelesaikan masalah dalam penulisan skripsi ini ialah Metode Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini melalui proses observasi (pengamatan), wawancara ,dokumentasi serta teori ASOCA sebagai operasional konsep dari penelitian ini.selain itu strategi dari Dinas Komunikasi dan Informatika terkait komunikasi kepada masyarakat juga menjadi inti dari penelitian ini terutama dibagian e-government. Penulis menyimpulkan bahwa dalam melaksanakan strategi yang sudah ditetapkan terdapat beberapa kendala yang menjadi faktor penghambat yaitu infrastruktur, kurangnya sumber daya manusia dan kurangnya anggaran. Dengan demikian, saran yang bisa penulis berikan ialah pentingnya peran pemerintah untuk manambah anggaran agar tugas dan tanggungjawab dari Dinas Komunikasi dan Informatika sendiri bisa terlaksana dengan baik sehingga kita bisa berinovasi Kembali terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik ini. Selain itu , evaluasi e- government Kota Medan juga tergolong masih harus lebih ditingkatkan dikarenakan fasilitas yang ada belum sesuai dengan tuntutan kerja. Kata Kunci : Strategi, E-government, Komunikasi, Infrastruktur ABSTRACT Communication Strategy in Improving E-Government Services by Diskominfo Medan City, North Sumatra ProvincE By: ALIF ULIL AZMI SIREGAR Advisor Ir. Murdiyana, M.SI The Office of Communication and Information of Medan City is an institution that is engaged in meeting the information needs of the community. The implementation or implementation of e-government in Medan City is still classified as lacking. Thus, it is necessary to design a communication strategy from the government to the community to provide an understanding of e- government, which is a government program that initially used offline services to become online. The purpose of writing this thesis is to know the communication strategy in implementing e-government by the Communication and Information Office of Medan City in the efforts that can be made in implementing the communication strategy as the embodiment of e-government services for the people in Medan City and what are the supporting and inhibiting factors in that effort. The method that the author uses in solving problems in writing this thesis is a descriptive qualitative method. The data collection technique used in this thesis is through the process of observation (observation), interviews, documentation and ASOCA theory as the operational concept of this research. In addition, the strategy of the Department of Communication and Information related to communication to the community is also the core of this research, especially in the e-commerce section. government. The author concludes that in implementing the strategy that has been set there are several obstacles that become the inhibiting factor, namely infrastructure, lack of human resources and lack of budget. Thus, the suggestion that the author can give is the importance of the government's role in increasing the budget so that the duties and responsibilities of the Communications and Information Technology Service itself can be carried out properly so that we can innovate again regarding this electronic-based government system. In addition, the evaluation of Medan City e-government is also classified as low value because the existing facilities are not in accordance with the work demands. Keywords: Strategy, E-government, Communication, Infrastructure

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:51
Last Modified: 03 Jul 2023 01:51
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item