Aplikasi Disdukcapil Smart Bantul di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Aushafira, Anida (2023) Aplikasi Disdukcapil Smart Bantul di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Other thesis, IPDN.

[img] Text
ANIDA AUSHAFIRA _30.0753_APLIKASI DISDUKCAPIL SMART BANTUL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANTEN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.pdf

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Kabupaten Bantul khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul meluncurkan aplikasi bernama Disdukcapil Smart Bantul, aplikasi ini berguna untuk masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya. Aplikasi ini dapat dikatakan sebuah terobosan terbaru. Aplikasi ini memberikan dampak yang baik dikalangan masyarakat. Dahulu masyarakat harus mengantre dan harus menyisihkan waktu untuk mengurus administrasi kependudukannya. Sekarang bisa mengurusnya kapan saja dan dimana saja. Penulis oleh karena itu tertarik dalam meneliti hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari aplikasi Disdukcapil Smart Bantul dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dari penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dengan Teknik pengambilan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi Disdukcapil Smart Bantul melihat dari teori Alvaro Rocha sudah dapat dikatakan berkualitas. Saran dari penulis yaitu agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul untuk lebih meningkatkan intensitasnya dala melakukan sosialisasi dan juga promosi tak lupa untuk menambah sumber daya manusia dibidang teknologi informasi. Kata Kunci : Disdukcapil Smart Bantul, Kualitas Aplikasi ABSTRACT The Bantul Regency Government, especially the Bantul Regency Population and Civil Registration Service, launched an application called Disdukcapil Smart Bantul, this application is useful for the community in managing their population administration. This application can be said to be a recent breakthrough. This application has a good impact on society. In the past, people had to queue and had to set aside time to take care of their population administration. Now you can take care of it anytime and anywhere. The writer is therefore interested in researching it. The purpose of this study was to determine the quality of the Disdukcapil Smart Bantul application in providing services to the community. This research was conducted at the Department of Population and Civil Registration of Bantul Regency. The research method used is descriptive qualitative method. The data sources used in this study are primary and secondary data with data collection techniques including interviews, observation, and documentation. The results showed that the quality of the Disdukcapil Smart Bantul application, judging from Alvaro Rocha's theory, can be said to be of high quality. Suggestions from the author are for the Population and Civil Registration Office of Bantul Regency to further increase its intensity in carrying out socialization and promotion, not forgetting to add human resources in the field of information technology. Keywords: Application Quality, Disdukcapil Smart Bantul

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:15
Last Modified: 03 Jul 2023 01:15
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item View Item