PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DI KECAMATAN SUNGKAI SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK TAHUN 2021

Hafizh, Abdillah (2023) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DI KECAMATAN SUNGKAI SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK TAHUN 2021. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Repository Word.pdf

Download (504kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Warga Negara memiliki peran penting dalam menentukan kebijakan dan mengambil keputusan dalam pemerintah yang demokratis, keterlibatan masyarakat dalam politik merupakan indikasi pemerintah dalam menghargai masyarakatnya. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan partisipasi politik masyarakat di kecamatan sungkai selatan kabupaten lampung utara pada emilihan kepala desa serentak tahun 2021. Terdapat faktor dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi sosialisasi pemerintah setempat dalam mempengaruhi tingginya partisipasi politik masyarakat di kecamatan sungkai selatan kabupaten lampung utara pada pemilihan kepala desa serentak tahun 2021. Metode: Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif, adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingginya partisipasi politik masyarakat di kecamatan sungkai selatan kabupaten lampung utara pada pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 sudah baik dan terdapat faktor yang mempengaruhi menurut teori mas’oed dan MacAndrews dengan dimensi Electoral activity dimana dalam teori ini menunjukkan bahwa partisipasi politik di kecamatan sungkai selatan menjadi yang tertinggi dengan 75,45% di bandingkan dengan 22 kecamatan yang lain, menurut teori Lobbying partisipasi politik dengan memanfaatkan tokoh adat setempat sangat efektif, Organization Acitivity dalam partisipasi politik memiliki keuntungan baik dari segi warga ataupun dari panitia pengurus agar dapat tercapai pemilihan umum, Contacting mempengaruhi tingginya partisipasi politik pada pemilihan dengan mempunyai koneksi antara calon kepala desa dan warga, dan Violence partisipasi politik telah berjalan dengan tertib dan damai. Terdapat upaya yang efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkades dengan melibatkan pemerintah, tokoh adat, calon kepala desa, serta masyarakat. Kesimpulan: Kecamatan Sungkai Selatan memiliki partisipasi politik tertinggi di antara semua kecamatan di Kabupaten Lampung Utara pada pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021 dengan tingkat partisipasi 75,45%. Antusias masyarakat kecamatan sungkai selatan dalam pemilihan kepala desa yang dilaksanakan tidak lepas dari keinginan masyarakat untuk mendapatkan pemimpin yang baik. Dalam pemilihan kepala desa tersebut dimanfaatkannya tokoh adat setempat, karena tokoh adat sangat berpengaruh terhadap masyarakat desa disana. Kata Kunci: : Partisipasi, Politik, Pemilihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:10
Last Modified: 05 Jul 2023 02:10
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item