efektivitas petugas registrasi gampong dalam meningkatkan kepemilikan KIA di kabupaten aceh besar

muhammad, naufal (2023) efektivitas petugas registrasi gampong dalam meningkatkan kepemilikan KIA di kabupaten aceh besar. Other thesis, IPDN.

[img] Text
MUHAMMMAD NAUFAL_30.0029_EFEKTIVITAS PETUGAS REGISTRASI GAMPONG DALAM MENINGKATKAN KEPEMILIKAN KIA DI KABUPATEN ACEH BESAR (1).pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Masih rendahnya kepemilikan Kartu Identitas Aceh (KIA) di Kabupaten Aceh Besar, hal ini didorong dengan wilayah yang luas, sehingga masyarakat di kabupaten Aceh Besar enggan untuk mengurus pembuatan KIA karena jauh untuk datang ke Disdukcapil. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas program petugas segistrasi gampong dalam meningkatkan keefektivitasan petugas registrasi gampong. Metode: Penelitian ini melakukan dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Pelaksanaan Pelayanan Petugas Registrasi Gampong terkait pengingkatan kepemilikan KIA Belum dijalankan dengan maksimal dikarenakan strategi yang digunakan yaitu menjemput bola kepada masyarakat yaitu memberitahukan kepada masyarakat yang tidak memiliki dokumen untuk membuat dokumen tersebut, selain itu kendala biaya dan seringnya kosongnya blangko dari pusat membuat terhambatnya efektivitas petugas tersebut dalam meningkatkan kepemilkan KIA di Kabupaten Aceh besar. Kesimpulan: Dari hasil penelitian menunjukkan efektivitas pelayanan PRG dalam penerbitan KIA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh besar dapat dikatakan belum efektif karena dalam pelaksanaanya masih terkendala oleh beberapa permasalahan yaitu sarana dan prasarana yang kurang, Sosialisasi yang belum menyeluruh, kurangnyakesadaran masyarakat . Upaya yang dilakukan Dinas yaitu mengadakan Sosialisasi, melakukan kerja sama dengan pihak lain, serta menjemput bola. Kata kunci: Petugas Registrasi Gampong, Efektivitas Pelayanan, Kartu Identitas Anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Praktik Perpolisian Tata Pamong FPM
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:21
Last Modified: 27 Jun 2023 06:21
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15404

Actions (login required)

View Item View Item