IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA OTONOMI KHUSUS DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT

KIRIHIO, ROBERTH (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA OTONOMI KHUSUS DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Reporsitori-Skripsi-Roberth Kirihio.pdf

Download (463kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Purpose the 2020-2021 budget that special autonomy funds for the education sector have decreased because the funds are allocated for post-COVID-19 mitigation.Methods: The research method used is a descriptive qualitative research method with an inductive approach. The data collection techniques used are interviews, observation and documentation. Result: Based on the results of the study, it shows that the implementation of the special autonomy fund policy in the education sector has not run effectively, this can be seen from the 2020-2021 budget that special autonomy funds for the education sector have decreased because the funds are allocated for post-COVID-19 mitigation. In addition, there are still many people who do not know and support this policy. Inhibiting factors are standards and objectives, policies and economic, social and political conditions. Conclusion: Meanwhile, the supporting factors are well-established inter-organizational communication, the disposition of the executive and the characteristics of the implementing body.Efforts made to overcome obstacles in order to realize the successful implementation of this policy are the need to conduct socialization regarding Law Number 2 of 2021 concerning Special Autonomy to the Community, improve the quality and qualifications of teachers and education staff and provide strict sanctions to apparatuses who abuse power in the implementation of the special autonomy fund policy in the field of education in Manokwari Regency. Keywords: Implementation, Special Autonomy Fund Policy, Education ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : anggaran tahun 2020-2021 dana otsus untuk bidang pendidikan mengalami penurunan dikarenakan dananya dialokasikan untuk penanggulangan pasca covid-19. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan dana otonomi khusus dalam bidang pendidikan belum berjalan secara efektif, hal ini terlihat dari anggaran tahun 2020-2021 dana otsus untuk bidang pendidikan mengalami penurunan dikarenakan dananya dialokasikan untuk penanggulangan pasca covid-19. Di samping itu masih banyak masyarakat belum mengetahui dan mendukung adanya kebijakan ini. Faktor yang menjadi penghambat yaitu standar dan tujuan kebijakan dan kondisi ekonomi sosial dan politik. Sedangkan yang menjadi faktor yang menjadi pendukung yaitu, komunikasi antar-organisasi yang terjalin baik, disposisi pelaksana dan karakteristik badan pelaksana. Adanya hambatan dalam implementasi kebijakan dana otonomi khusus dalam bidang pendidikan di Kabupaten Manokwari di perlukan adanya upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengatasi hal tersebut. Kesimpulan: Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan demi mewujudkan keberhasilan implementasi kebijakan ini yaitu perlu mengadakan sosialisasi mengenai Undang-undang Nomor 2 Tahun 2021 Tentang otonomi Khusus Kepada Masyarakat, meningkatkan kualitas dan kualifikasi guru dan tenaga kependidikan serta memberikan sanksi yang tegas kepada aparatur yang menyalahgunakan kekuasaan dalam implementasi kebijakan dana otonomi khusus dalam bidang pendidikan di Kabupaten Manokwari. Kata kunci : Implementasi, Kebijakan Dana Otonomi Khusus, Pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:06
Last Modified: 17 Jul 2023 06:06
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15370

Actions (login required)

View Item View Item