IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA JAKARTA UTARA

Ghivari, Rayhan Rifky (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA JAKARTA UTARA. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img] Text
Repository Rayhan Rifky Ghivari Baru.pdf

Download (421kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus kepada permasalahan dalam pelayanan yang menyebabkan menurunnya kualitas pelayanan publik yang ada di DPMPTSP Jakarta Utara. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pelayanan publik dengan prinsip good governance, faktor penghambat kebijakan, dan upaya dalam mengatasi faktor penghambat pada pelayanan publik di DPMPTSP Jakarta Utara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi pengamatan, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu adanya faktor penghambat terwujudnya good governance antara lain, pelayanan publik yang dilakukan belum optimal serta minimnya pengetahuan sumber daya manusia baik dari petugas pelayanan publik maupun masyarakat pengguna pelayanan publik. Upaya mengatasi faktor penghambat yaitu dengan melakukan sosialisasi, meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan, melakukan pengawasan serta memberikan sanksi bagi pelanggar aturan. Kesimpulan: Implementasi Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Good Governance di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jakarta Utara sudah diterapkan dan berjalan dengan baik, namun masih adanya beberapa kendala yang perlu dipebaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar semua dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kata kunci: Implementasi, Good Governance, Pelayanan Publik ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on problems in services that cause a decrease in the quality of public services at the North Jakarta DPMPTSP. Purpose: The purpose of this study is to determine and analyze the implementation of public services with the principles of good governance, policy inhibiting factors, and efforts to overcome inhibiting factors in public services at the North Jakarta DPMPTSP. Method: This research uses qualitative methods with descriptive methods and inductive approaches. Data collection techniques used interviews, observations, and documentation. Result: The results obtained by the author in this study are the existence of inhibiting factors in the realization of good governance, among others, public services that are not yet optimal and the lack of knowledge of human resources both from public service officers and public service users. Efforts to overcome inhibiting factors are by conducting socialization, improving quality in providing services, conducting supervision and providing sanctions for rule breakers. Conclusion: Implementation of Public Services in Realizing Good Governance at the North Jakarta City Investment and One-Stop Integrated Services (DPMPTSP) Office has been implemented and is running well, but there are still several obstacles that need to be improved to improve the quality of service so that everything can run as expected. Keywords: Implementation, Good Governance, Public Services

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:30
Last Modified: 27 Jun 2023 02:30
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15366

Actions (login required)

View Item View Item