KAPASITAS BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT

Rasyid, Muhammad (2023) KAPASITAS BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, IPDN.

[img] Text
ok repositori rasyid.pdf

Download (318kB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Potensi bahaya tanah longsor Kabupaten Agam memiliki potensi tingkat sedang. Kejadian bencana tanah longsor di Kabupaten Agam masih terus terjadi hingga saat ini. Penyelenggaraan pelayanan publik di bidang kebencanaan harus dilakukan oleh BPBD dengan sebaik mungkin. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas, kendala, dan upaya BPBD Kabupaten Agam dalam menyikapi potensi bencana tanah longsor di Kabupaten Agam, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap setiap indikatornya. Metode:Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Dalam melakukan pengumpulan data, digunakan teknik purposive sampling, dan dilakukan pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Hasil Temuan: Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kapasitas BPBD Kabupaten Agam dalam mitigasi bencana tanah longsor belum maksimal. Kesimpulan: Hal ini karena banyaknya kekurangan yang dialami BPBD pada setiap indikatornya. Kata Kunci: Tanah longsor, kapasitas BPBD, mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:16
Last Modified: 26 Jun 2023 04:16
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15316

Actions (login required)

View Item View Item