IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM MARASA (MANDIRI, CERDAS, DAN SEHAT) PERKOTAAN DALAM MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI DI KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT

Sabillah A, Silva (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM MARASA (MANDIRI, CERDAS, DAN SEHAT) PERKOTAAN DALAM MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI DI KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT. Other thesis, IPDN.

[img] Text
SILVA SABILLAH AZIS_30.1590_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM MARASA (MANDIRI, CERDAS, DAN.pdf

Download (206kB)

Abstract

: Kematian ibu dan bayi terjadi dapat dikarenakan oleh faktor ekonomi, sosial, dan budaya seperti, pernikahan dini. Sulawesi Barat menjadi salah satu provinsi dengan tingkat pernikahan dini yang tinggi. Sehingga, pemerintah provinsi mengeluarkan kebijakan tentang Program MARASA (Mandiri, Cerdas, dan Sehat). Salah satu tujuan dari program ini yaitu meningkatkan fasilitas persalinan dan meningkatkan akses kesehatan. Tujuan: Tujuan dari penulisan 2 ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan program MARASA dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Mamuju serta faktor penghambat dan upaya mengatasi faktor penghambat tersebut. Metode: Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dan Teori Implementasi oleh Edwards III. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penulisan ini, bahwa implementasi program MARASA dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Mamuju berjalan cukup baik dan sesuai dengan regulasi serta berdasarkan 4 (empat) dimensi dari komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Walaupun masih ditemui beberapa hambatan seperti kurangnya anggaran dan kesadaran masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju yaitu melakukan rapat koordinasi dengan pihak internal maupun eksternal serta melakukan sosialisas dengan berbagai pihak terkait. Kesimpulan: Implementasi Program MARASA berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan adanya kolaborasi yang baik dari pemerintah setempat dengan partisipasi dari masyarakat. Kata kunci: Implementasi, Program MARASA, kematian ibu dan bayi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:16
Last Modified: 26 Jun 2023 03:16
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15296

Actions (login required)

View Item View Item