DAMPAK SOSIAL EKONOMI PEMBANGUNAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP MASYARAKAT DI KECAMATAN TIKKE RAYA KABUPATEN PASANGKAYU PROVINSI SULAWESI BARAT

Ramadhan, Qadhar Galang (2023) DAMPAK SOSIAL EKONOMI PEMBANGUNAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP MASYARAKAT DI KECAMATAN TIKKE RAYA KABUPATEN PASANGKAYU PROVINSI SULAWESI BARAT. Diploma thesis, IPDN.

[img] Text
Skripsi Qadhar REPOSITORY.pdf

Download (233kB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada pengaruh yang muncul dalam perkebunan kelapa sawit dalam bidang sosial ekonomi pembangunan perkebunan kelapa sawit terhadap masyarakat di Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak sosial ekonomi pembangunan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat. Metode: Penelitian ini menggunakan metode campuran dan analisis terhadap dampak sosial ekonomi pembangunan perkebunan kelapa sawit terhadap masyarakat di Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat menggunakan Teori Himes dan Moore (dalam Soelaiman, 1998). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam terhadap 12 orang informan, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu partisipasi pemuda dalam perencanaan tergolong cukup, pada pelaksanaan tergolong baik, dan pemanfaatan hasil tergolong baik, meskipun masih terkendala dengan kesibukan pemuda, dan tingkat kesadaran beberapa pemuda yang masih rendah. Kesimpulan: pembangunan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Tikke Raya memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat setempat. Transportasi, infrastruktur, kualitas kesehatan, pendapatan, dan kesempatan kerja semuanya telah mengalami perbaikan yang signifikan. Kata kunci: Perkebunan kelapa sawit; Dampak sosial; Dampak ekonomi; Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Politics and Government > Community Economic and Rural Development
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:48
Last Modified: 26 Jun 2023 06:48
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15291

Actions (login required)

View Item View Item