KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS DPMPTSP DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN PERIZINAN DI KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN

FERMANA, MUHAMMAD BIRAWIDHA (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS DPMPTSP DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN PERIZINAN DI KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Muhammad Birawidha Fermana_30.0621_Kepemimpinan KepalaDinas DPMPTSP Dalam Optimalisasi Pelayanan Perizinan Di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.pdf

Download (898kB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah menurunnya minat investasi dari masyarakat kerana adanya ketidakpuasan pelayanan terhadap pelayanan perizinan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Kepemimpinan Kepala Dinas DPMPTSP Dalam Optimalisasi Pelayanan Perizinan di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan teori Kepemimpinan yang dikemukakan oleh Miftah Thoha yang memuat empat sub tema yang terdiri dari kepemimpinan sebagai inovatori; Kepemimpinan sebagai Komunikator; Kepemimpinan sebagai Kontroler, Kepemimpinan sebagai Motivator. Tujuan: untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Dinas DPMPTSP Dalam Optimalisasi Pelayanan Perizinan di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukan Kepemimpinan Kepala Dinas DPMPTSP Dalam Optimalisasi Pelayanan Perizinan sudah cukup efektif yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang dengan teori Kepemimpinan oleh Miftah Thoha. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat ialah membuat inovasi yang dapat mempermudah masyarakat dalam pembuatan perizinan, melengkapi sarana prasarana dan sumber daya sehingga pelaksanaan pelayanan perizinan dapat berjalan dengan optimal dan efektif. Kesimpulan: Kepemimpinan Kepala Dinas DPMPTSP Dalam Optimalisasi Pelayanan Perizinan di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten cukup efektif sesuai data di lapangan. Walaupun begitu, terdapat beberapa hal yan belum maksimal. Peneliti mengukur Kepemimpinan menggunakan dimensi Kepemimpinan sebagai Inovator, Kepemimpinan sebagai Komunikator, Kepemimpinan sebagai Kontroler, Kepemimpinan sebagai Motivator. Adanya pengurangan minat investasi masyarakat yang di sebabkan oleh kurang sosialisasi terhadap inovasi-inovasi yang terbaru Kata kunci : Kepemimpinan, Optimalisasi, Pelayanan Perizinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:55
Last Modified: 26 Jun 2023 03:55
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15219

Actions (login required)

View Item View Item