PEMANFAATAN LAYANAN SP4N-LAPOR SEBAGAI MEDIA PENGADUAN ONLINE MASYARAKAT DI KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Hidayati, Ayu (2023) PEMANFAATAN LAYANAN SP4N-LAPOR SEBAGAI MEDIA PENGADUAN ONLINE MASYARAKAT DI KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Ayu Hidayati_30.0999_Pemanfaatan layanan SP4N-LAPOR sebagai media pengaduan online masyarakat di kabupaten banjar provinsi kalimantan selatan.pdf

Download (897kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the problem of public service complaint reports that have not been properly integrated through a system known as SP4N-LAPOR. Purpose: The purpose of this study is to find out how the SP4N-LAPOR service is utilized as a media for online complaints for the community in Banjar Regency. Method: This research uses Qualitative Research methods, descriptive methods, and inductive approaches. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. This study uses the Technology Acceptance Model theory by Chin and Todd to determine the utilization of the SP4N-LAPOR service. Result: The findings obtained in this study are that SP4N-LAPOR is good at making work easier, SP4N-LAPOR is beneficial to the community, sufficient in increasing the productivity of SP4N-LAPOR services, good at developing work performance after the implementation of SP4N-LAPOR, and still not meeting the targets in increase effectiveness. Conclusion: Utilization of the SP4N-LAPOR service as a community online complaint media is quite good but still lacking in socialization efforts to increase community participation. So it is necessary to monitor and evaluate the use of the SP4N-LAPOR service to ensure that the implementation of this application is running well. Keywords: Utilization; Public Service; Complaint; SP4N-LAPOR. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan laporan pengaduan pelayanan publik yang belum terintegrasi dengan baik melalui sistem yang dikenal dengan SP4N-LAPOR. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui bagaimana pemanfaatan layanan SP4N-LAPOR sebagai media pengaduan onlime masyarakat di Kabupaten Banjar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif, metode deskriptif, dan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan ata yang digunakan pada penelitian ini observasi, wawancara, dan dokuemntasi. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model oleh Chin dan Todd untuk mengetahui pemanfaatam layanan SP4N-LAPOR. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu SP4N-LAPOR baik dalam menjadikan pekerjaan lebih mudah, SP4N-LAPOR bermanfaat bagi masyarakat, cukup dalam meningkatkan produktivitas layanan SP4N-LAPOR, baik dalam mengembangkan kinerja pekerjaan setelah diterapkannya SP4N-LAPOR, serta masih kurang memenuhi sasaran dalam meningkatkan efektivitas. Kesimpulan: Pemanfaatan layanan SP4N-LAPOR sebagai media pengaduan online masyarakat sudah cukup baik tetapi masih kurang dalam upaya sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Sehingga perlu dilakukannya monitoring dan evaluasi penggunaan layanan SP4N-LAPOR guna memastikan pelaksanaan aplikasi ini sudah berjalan dengan baik. Kata kunci: Pemanfaatan; Pelayanan Publik; Pengaduan; SP4N-LAPOR

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:03
Last Modified: 22 Jun 2023 06:03
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item View Item