EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEARSIPAN DALAM PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI PADA RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

JERANURU, ALLAN (2023) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEARSIPAN DALAM PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI PADA RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
ALLAN JERANURU_30.1118_D4_EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEARSIPAN DALAM PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI PADA RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problems/Background (GAP): The Effectiveness of records Management in Improving Administrative Services at the General Hospital in the Manggarai area, East Nusa Tenggara Province. Purpose: the purpose of this study is to find out the management of records in improving administrative services carried out at hospitals, the inhibiting factors and supporting factors in managing records in order to improve administrative services, the efforts made in overcoming inhibiting factors in order to support the effectiveness of records management in improving administrative services at the Hospital. Method: the research design used is qualitative research using descriptive methods through an inductive approach using grounded theory research types. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used by the author is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Results/Findings: The results of the study show that the effectiveness of records management in improving administrative services at the Manggarai general hospital has not been running effectively. and job satisfaction while in the service indicator there is only one dimension that works effectively, namely the dimension of service that is even and equal from the four dimensions in it. Conclusion: The conclusion given by this study is that the Manggarai Regional General Hospital needs to make improvements in managing old records, starting with the use of technology in managing records, and not to underestimate the importance of records in improving hospital administrative services. With the implementation of this, in the future the hospital can continue to experience excellent administrative service improvements and the existence of the hospital as a service provider can be well recognized by service users. Keywords: Archives Effectiveness, Administrative Services, Archives Management ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Evektivitas Pengelolaan Kearsipan Dalam Peningkatan Pelayanan Administrasi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan arsip dalam peningkatan pelayanan administrasi yang dilakukan pada Rumah Sakit daerah Manggarai, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pengelolaan arsip dalam peningkatan pelayanan administrasi, upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat demi menunjang efektivitas pengelolaan arsip dalam peningkatan pelayanan administrasi pada Rumah Sakit Daerah Manggarai. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah peneliatian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan induktif dengan menggunakan tipe penelitian grounded theory. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik nalsis data yang digunakan penulis adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Pengelolaan Kearsipan Dalam Peningkatan Pelayanan Administrasi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Manggarai belum berjalan dengan efektif hal ini dikarenakan pada indikator efektifitas tidak terdapat dimensi yang berjalan dengan baik dan masih banyak mengalami kendala baik itu dalam kemampuan adaptasi, tanggung jawab, pencapain target dan kepuasan kerja sementara dalam indicator pelayanan hanaya terdapat satu dimensi yang berjalan dengan efektif yaitu dimensi pelayanan yang merata dan sama dari empat dimensi di dalamnya.Kesimpulan: Kesimpulan yang diberikan penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Manggarai perlu melakukan pembenahan dalam pengelolaan kearsipan yang sudah lama, mulalui penggunaan teknologi dalam kepengelolaan kearsipan, dan tidak menganggap remeh pentingnya arsip dalam peningkatan pelayanan administrasi Rumah Sakit. Dengan pemberlakuan hal ini, Rumah Sakit kedepannya dapat terus mengalami peningkatan pelayanan administrasi yang sangat baik dan eksistensi Rumah Sakit sebagai penyedia jasa layanan dapat dikenal baik oleh pengguna jasa layanan. Kata kunci: Efektivitas Kearsipan, Pelayanan Administrasi, Pengelolaan Kearsipan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:42
Last Modified: 21 Jun 2023 06:42
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

View Item View Item