STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

aishela, aurelia nanda (2023) STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. Diploma thesis, IPDN.

[img] Text
REPOSITORY-AUREL FIX3.pdf

Download (229kB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki keindahan alam dan juga memiliki banyak tempat wisata yang mendukung perkembangan pariwisata. Tulungagung yang dikenal sebagai kota marmer memiliki keragaman pemandangan alam, objek wisata, kekayaan seni dan budaya, serta adat tradisi. Tulungagung telah berubah wajah menjadi kota tujuan wisatawan lokal maupun asing karena terus berbenah diri dengan menggali potensi yang ada. Mulai dari potensi alam, sosial-budaya dan tradisi, hingga potensi sumber daya manusia (SDM). Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung untuk mengembangkan destinasi wisata dengan menggunakan teori Wheelen Hunger melalui 4 (empat) dimensi yaitu pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, serta evaluasi dan pengendalian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode: Teknik analisis data yang penulis gunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Pengembangan Destinasi Wisata di Kabupaten Tulungagung sudah cukup baik dalam mengembangkan destinasi wisata. Adapun hambatan dalam pengembangan destinasi yaitu minimnya kesadaran masyarakat, keterbatasan anggaran, dan promosi yang belum maksimal. Adapun upaya yang dilakukan oleh aparatur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung yaitu dengan memberikan sosialiasi kepada masyarakat, melakukan penyusunan rencana kerja anggaran, meningkatkan pemasaran. Kesimpulan: Pemberian sosialisasi kepada masyarakat bertujuan untuk menambah kesadaran masyarakat akan lingkungan sekitar, penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) ini bertujuan untuk merencanakan anggaran di masa yang akan datang, dan peningkatan pemasaran bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata agar semakin diketahui oleh masyarakat. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Destinasi Wisata, Teori Wheelen Hunger

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:33
Last Modified: 19 Jun 2023 04:33
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14947

Actions (login required)

View Item View Item