Nurman, Aulia Mawaddah (2023) PELAYANAN INFORMASI PARIWISATA BERBASIS APLIKASI JEJARING DESA WISATA (JADESTA) DI KABUPATEN BANTAENG. Other thesis, IPDN.
|
Text
G1_AULIA MAWADDAH N_Repository.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP) : The author aims to examine problems in tourist visits that have decreased income and a lack of up-to-date information about tourist destinations. Purpose : The purpose of this study is to find out how tourism information services are provided to tourists through the Jejaring Desa Wisata (JADESTA) in Bantaeng Regency. Method : This study used a qualitative descriptive approach and data collection techniques were conducted by interviewing (20 informants), observation and documentation. Result : The results obtained by the author in this study are that the service is carried out in accordance with the theory. But there are still deficiencies and obstacles in the ability to solve system problems by application employees of the Jejaring Desa Wisata (JADESTA) and the lack of adequate internet network facilities and infrastructure to support applications for visitors using the Tourist Information Center building. Conclusion: The Tourism Information Service through the Jejaring Desa Wisata (JADESTA) application is said to be an innovation in the field of Tourism because the application has more advantages and advantages compared to other information search platforms that are felt by tourists and related regional apparatus, as well as ease of use, but still has obstacles such as internet connection disturbances that are below standard. Keywords: Jejaring Desa Wisata (JADESTA) Application , Service Quality, Tourist. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Peneliti bertujuan untuk meneliti permasalahan pada kunjungan wisatawan yang mengalami penurunan pendapatan serta kekurangan informasi terkini mengenai destinasi wisata. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini yakni agar dapat mengetahui tentang bagaimana pelayanan informasi pariwisata terhadap wisatawan melalui Aplikasi Jejaring Desa Wisata (JADESTA) di Kabupaten Bantaeng. Metode: Metode pada Penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta teknik Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara (20 informan), observasi dan dokumentasi di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng hingga di beberapa Destinasi Wisata. Hasil: Hasil yang didapatkan peneliti dalam penelitian ini yaitu Pelayanan terlaksana sesuai dengan teori. Tetapi masih ada kekurangan serta hambatan dalam kemampuan mengatasi masalah sistem oleh pegawai aplikasi Jejaring Desa Wisata (JADESTA) serta kurangnya sarana dan prasarana jaringan internet yang memadai sebagai penunjang aplikasi bagi pengunjung yang menggunakan gedung Tourist Information Center. Kesimpulan: Pelayanan Informasi Pariwisata berbasis Aplikasi Jejaring Desa Wisata (JADESTA) ini dikatakan sebagai inovasi bidang Pariwisata karena aplikasi nya memiliki keunggulan dan keuntungan yang lebih dibandingkan platform pencarian informasi lainnya yang dirasakan oleh wisatawan dan perangkat daerah terkait, serta kemudahan dalam penggunaannya, tetapi masih memiliki hambatan seperti gangguan koneksi internet yang dibawah standar. Kata Kunci : Aplikasi Jejaring Desa Wisata (JADESTA), Kualitas Pelayanan, Pariwisata.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 07:06 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 07:06 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14912 |
Actions (login required)
View Item |