OPTIMALISASI PEMANFAATAN APLIKASI UDAJANG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PADANG PANJANG

ARMANDA, MUHAMMAD FARHAN (2023) OPTIMALISASI PEMANFAATAN APLIKASI UDAJANG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PADANG PANJANG. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img] Text
M FARHAN ARMANDA_30.0196_OPTIMALISASI PEMANFAATAN APLIKASI UDAJANG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PADANG PANJANG.pdf

Download (577kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on optimizing the implementation of digital-based public services in the form of an application called udajang. Purpose: The purpose of this research is to optimize the utilization of the Udajang application in improving public services in the city of Padang Panjang. Method: The method used in this research is inductive qualitative by using inductive data analysis. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, and documentation. While the data analysis technique used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Results/Findings: Based on the results of the author's research, that optimization has actually been carried out properly but has not run optimally because there are still many deficiencies found, including a lack of socialization, the role of experts who are felt to be lacking, and a lack of community participation in the running of the shrimp application. Conclusion: Utilization of the udajang application has not been optimal due to several factors, namely the lack of socialization by the Padang Panjang Municipal Information and Communications Office to the public. The role of experts who are felt to be lacking in running the udajang application, so it is necessary to increase the number of udajang application managers. As well as in increasing community participation, improvements can be made in terms of features that can be utilized by the community. Keywords: Optimization; Public service; Udajang Application ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada optimalisasi penyelenggaraan pelayanan publik berbasis digital berbentuk aplikasi yang bernama udajang. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi Udajang dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Padang Panjang. Metode: Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah induktif kualitatif dengan menggunakan analisis data secara induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian penulis, bahwasa optimalisasi sebenarnya sudah terlaksana dengan baik akan tetapi belum berjalan secara maksimal dikarenakan masih banyak ditemukan kekurangan, diantaranya kurangnya sosialisasi, peran tenaga ahli yang dirasa masih kurang, serta kurangnya partisipasi masyarakat terhadap jalannya aplikasi udajang. Kesimpulan: Pemanfaatan aplikasi udajang belum optimal disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya sosialisasi oleh Diskominfo Kota Padang Panjang kepada masyarakat. Peran tenaga ahli yang dirasa masih kurang dalam menjalankan aplikasi udajang, sehingga perlunya penambahan jumlah pengelola aplikasi udajang. Serta dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, dapat dilakukan peningkatan dalam segi fitur yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Kata Kunci: Optimalisasi; Pelayanan Publik; Aplikasi Udajang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:54
Last Modified: 15 Jun 2023 03:54
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14746

Actions (login required)

View Item View Item