Sari, Desy Rosalinda (2023) OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SLAWE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU. Other thesis, IPDN.
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI PRAJA (Desy Rosalinda Sari_30.0412_Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi SLAWE di Disdukcapil Kota Bengkulu).pdf Download (465kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Bengkulu berusaha meningkatkan layanan administrasi kependudukan kepada publik dengan menghadirkan Aplikasi Slawe pelayanan terintegrasi. Aplikasi Slawe dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan sudah berjalan cukup baik namun belum optimal. Beberapa hal yang yang belum optimal dalam penerapan aplikasi slawe diantaranya aplikasi yang hanya berjalan atau beroperasi hanya pada waktu jam kerja lalu masih kurangnya partisipasi masyarakat dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang susah dalam melaksankan prosedur pengunaan aplikasi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi Aplikasi Slawe dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan, dan apa saja yang menjadi faktor penghambat optimalisasi sebagai wujud penerapan teknologi pelayanan administrasi di era revolusi industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan induktif dengan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan perlu adanya upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengatasi persoalan mengenai waktu operasional aplikasi dan peningatan partisipasi oleh masyarakat tersebut. Seperti melakukan sosialisasi rutin dan merata kepada masyarakat, peningkatan infrastruktur dan perangkat IT, dan melakukan penambahan inovasi dan pembaruan pada Aplikasi Slawe dengan menambahkan fitur virtual office assistant yang dapat melayani dan memberikan informasi mengenai layanan admin induk kepada masyarakat secara real time. Kata kunci: Optimalisasi, Informasi, Pelayanan Publik, Aplikasi Slawe ABSTRACT The Population and Civil Registration Office in Bengkulu City is trying to improve population administrative public services to the public by presenting through the integrated Slawe Application. The Slawe application in improving administrative public services has been running quite well but not yet optimal. Some things that are not yet optimization in the application of the Slawe application include applications that only run or operate only during working hours and then there is still a lack of community participation because there are still many people who find it difficult to carry out application procedures. This study aims to determine how the optimization of the Slawe Application in improving administrative public services, and what are the inhibiting factors for optimization as a form of application of administrative service technology in the era of the industrial revolution 4.0. The method used in this research was carried out with an inductive approach with a qualitative-descriptive research method. Data obtained through observation, interviews and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study show that there is a need for efforts made by the Population and Civil Registration Office in overcoming problems regarding the application's operational time and increasing participation by the community. Such as conducting routine and evenly distributed socialization to the community, improving IT infrastructure and devices, and adding innovations and updates to the Slawe Application by adding virtual office assistant features that can serve and provide information about parent admin services to the community in real time. Keywords: Optimization, Information, Public Service, SLAWE Application
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 07:32 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 07:32 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14703 |
Actions (login required)
View Item |