EFEKTIVITAS PELAYANAN JEMOUT BOLA DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN OKEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MALUKU TENGGARA PROVINSI MALUKU

HARTONO, WANDI RAMADHAN MIRRUDINA (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN JEMOUT BOLA DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN OKEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MALUKU TENGGARA PROVINSI MALUKU. Other thesis, IPDN.

[img] Text
WANDI RAMADHAN MIRRUDINA HARTONO_30.1408_EFEKTIVITAS PELAYANAN JEMPUT BOLA DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MALUKU TENGGARA PROVINSI MALUKU.pdf

Download (487kB)

Abstract

THE EFFECTIVENESS OF PICKING UP BALL SERVICES IN MAKING BIRTH CERTIFICATES BY THE DEPARTMENT OF POPULATION AND CIVIL REGISTRATION IN SOUTHEAST MALUKU DISTRICT, MALUKU PROVINCE By : Wandi Ramadhan Mirrudina Hartono Advisor: Sutiyo S,STP, M.Sc, Ph.D Abstrac Pick the ball is a program designed by the Department of Population and Civil Registration of Southeast Maluku Regency which aims to provide convenience for the community in obtaining population and civil registration services. The effectiveness of the ball pick-up service in making birth certificates in Southeast Maluku district has almost reached the target, this is evidenced by the level of public awareness regarding birth certificate ownership that has improved. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the pick-up service in making birth certificates, to explain the inhibiting factors and to describe the efforts made by the Southeast Maluku Population and Civil Registration Office in 2023. This study used a mix method (scoring system), data collection techniques using questionnaires, interviews, observation, and documentation. The results showed that the effectiveness of the pick-up service in making birth certificates at the Southeast Maluku Population and Civil Registration Office was effective, assessed based on 5 dimensions, namely productivity, quality, efficiency, flexibility, and satisfaction, and using 9 levels of community satisfaction indicators, namely satisfaction with service requirements , satisfaction with service mechanisms and procedures, satisfaction with turnaround times, satisfaction with service fees and rates, satisfaction with product service specifications, satisfaction with executor competence, satisfaction with executor behavior, satisfaction with handling, complaints, suggestions and input, and satisfaction with facilities and infrastructure. The author suggests increasing the effectiveness of the pick-up service in making birth certificates by carrying out continuous socialization, increasing internet networks and improving road access. Keywords: effectiveness, birth certificate, community satisfaction EFEKTIVITAS PELAYANAN JEMPUT BOLA DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MALUKU TENGGARA PROVINSI MALUKU Oleh : Wandi Ramadhan Mirrudina Hartono Pembimbing: Sutiyo S,STP, M.Si, Ph.D Abstrak Jemput bola merupakan program yang dirancang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maluku Tenggara yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil. Efektivitas pelayanan jemput bola dalam pembuatan akta kelahiran di kabupaten Maluku Tenggara hampir mencapai target, hal ini dibuktikan dengan tingkat kesadaran masyarakat terkait kepemilikan akta kelahiran sudah membaik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelayanan jemput bola dalam pembuatan akta kelahiran, menjelaskan faktor penghambat serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Maluku Tenggara tahun 2023. Penelitian ini menggunakan mix method (sistem scoring), teknik pengumpulan data mnggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan efektivitas pelayanan jemput bola dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Maluku Tenggara sudah efektif, dinilai berdasarkan 5 dimensi yaitu produktivitas, kualitas, efisiensi, fleksibilitas, serta kepuasan, dan mengunakan 9 tingkat indikator kepuasan masyarakat yaitu kepuasan terhadap persyaratan pelayanan, kepuasan terhadap sistem mekanisme dan prosedur pelayanan, kepuasan terhadap waktu penyelesaian, kepuasan terhadap biaya dan tarif pelayanan, kepuasan terhadap produk spesifikasi pelayanan, kepuasan terhadap kompetensi pelaksana, kepuasan terhadap perilaku pelaksana, kepuasan terhadap penanganan, pengaduan, saran dan masukan, dan kepuasan terhadap sarana dan prasarana. Penulis menyarankan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan jemput bola dalam pembuatan akta kelahiran dengan melakukan sosialisasi yang berkesinambungan, peningkatan jaringan internet serta perbaikan akses jalan Kata kunci : efektivitas, akta kelahiran, kepuasan masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:24
Last Modified: 15 Jun 2023 04:24
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14697

Actions (login required)

View Item View Item