EFEKTIVITAS PEMBERIAN TAMBAHAN PENGHASILAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA PALANGKA RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

SALSABILA, REFA (2023) EFEKTIVITAS PEMBERIAN TAMBAHAN PENGHASILAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA PALANGKA RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img] Text
REFA SALSABILA_30.0932_EFEKTIVITAS PEMBERIAN TPP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PNS DI BKPSDM KOTA PALANGKA RAYA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Kualitas dan kinerja yang baik dari seorang Pegawai Negeri Sipil sangatlah berperan penting dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik. Oleh karena itu diperlukan produktivitas kerja yang handal dan sesuai dengan bidang serta keahliannya sehingga dibutuhkan motivasi kerja dan dukungan secara moril maupun materiil dari pemerintah. Adapun salah satu bentuk dukungan dari pemerintah dalam meningkatkan motivasi bagi Pegawai Negeri Sipil ialah berupa Tambahan Penghasilan Pegawai atau yang biasa disingkat TPP bertujuan meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil agar konsisten dalam disiplin dan peningkatan kualitas kerja. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis serta mendeskripsikan bagaimana efektivitas pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai(TPP) dalam meningkatkan motivasi Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Pengumpulan data dan informasi menggunakan teknik observasi, wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik reduksi, teknik display, dan penarikan kesimpulan. Teori efektifitas menurut Sedarmayanti(2012:216) terbagi dalam 6 dimensi penilaian efektivitas yaitu Kriteria Kualitas, Kriteria Produktivitas, Kriteria Efiseinsi, Kriteria Kepuasan, Kriteria Kemampuan Beradaptasi, dan Kriteria Pengembangan. Hasil dari 6 dimensi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdapat 2 dimensi yang belum efektif yaitu dimensi efisiensi dan dimensi pengembangan diri. Kendalanya ialah masih didapati Pegawai Negeri Sipil yang kurang termotivasi dalam bekerja, kurangnya pemahaman pegawai tentang pentingnya mengembangkan potensi diri, dan kurang terampil dalam menggunakan aplikasi SIDAN dan SISKA. Upaya yang dilakukan ialah berupaya memotivasi Pegawai Negeri Sipil melalui pimpinan dan jajarannya sebagai contoh teladan, menunjang fasilitas serta kesempatan pegawai dalam mengembangkan potensi diri, serta memberikan pengembangan pegawai terhadap penggunaan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:30
Last Modified: 12 Jun 2023 04:30
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item View Item