OPTIMALISASI PELAYANAN PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK BERBASIS DIGITAL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BENGKULU UTARA

Trisnadi, Bayu (2023) OPTIMALISASI PELAYANAN PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK BERBASIS DIGITAL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BENGKULU UTARA. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Bayu Trisnadi_30.0410_I-6_OPTIMALISASI PELAYANAN PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK BERBASIS DIGITAL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL.pdf

Download (306kB)

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP): Child Identity Card is an official identity that functions to guarantee and protect children's rights. To facilitate services and demands from the times, the North Bengkulu Regency Population and Civil Registration Office in order to accelerate the issuance of Child Identity cards creates digital-based publishing service innovations through the WhatsApp application. Purpose: The purpose of this research is to find out the optimization of the issuance of Child Identity Cards through the WhatsApp application and to be able to find information about what are the inhibiting factors for the issuance of Child Identity Cards at the North Bengkulu Regency Population and Civil Registration Service. Method: This study uses a qualitative method using the steps of collecting data through observation, interviews and documentation. As for analyzing the data using data reduction, data presentation, drawing conclusions. Results: The results of the study show that the service for issuing a Child's Identity Card through the WhatsApp application has been running quite well, the community feels it is greatly facilitated by this innovation. Conclusion: Uneven socialization causes low community participation in issuing Child Identity Cards through the WhatsApp application. The author suggests re-socializing the procedures for issuing a Child Identity Card through the WhatsApp application using social media and placing advertisements using billboards in strategic places. Keywords: Optimization, Publishing, KIA, Whatsapp ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kartu Identitas Anak merupakan identitas resmi yang berfungsi untuk menjamin dan melindungi hak-hak anak. Untuk mempermudah pelayanan serta tuntutan dari perkembangan zaman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkulu Utara dalam rangka mempercepat penerbitan kartu Identitas Anak membuat inovasi pelayanan penerbitan berbasis Digital melalui aplikasi WhatsApp. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Optimalisasi penerbitan Kartu Identitas Anak melalui aplikasi WhatsApp dan dapat menemukan informasi mengenai apa saja faktor penghambat penerbitan Kartu Identitas Anak pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkulu Utara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak melalui Aplikasi WhatsApp sudah berjalan cukup baik, masyarakat merasa sangat dimudahkan dengan adanya inovasi ini. Kesimpulan: sosialisasi yang belum merata menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat dalam penerbitan Kartu Identitas Anak melalui aplikasi WhatsApp. Penulis menyarankan untuk untuk mensosialisasikan ulang tentang tata cara pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak melalui aplikasi WhatsApp menggunakan media sosial dan pemasangan iklan menggunakan baliho ditempat strategis. Kata Kunci: Optimalisasi, Penerbitan, KIA, Whatsapp

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:17
Last Modified: 09 Jun 2023 08:17
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14194

Actions (login required)

View Item View Item