PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN CIAMIS PROVINSI JAWA BARAT

Rizquloh, Mochammad Iqbal (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN CIAMIS PROVINSI JAWA BARAT. Other thesis, IPDN JATINANGOR.

[img] Text
MOCHAMMAD IQBAL RIZQULOH_30.0556_PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN CIAMIS PROVINSI JAWA BARAT.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): One of the functions of government in Law No. 30 2014 is the service function. In this case DPMPTSP is a government agency that carries out service functions. As a service provider, DPMPTSP Ciamis Regency must provide the best service so that people feel satisfied with the services provided. Purpose: This study aims to determine how much influence the quality of licensing services has on the level of community satisfaction in DPMPTSP, Ciamis Regency, West Java Province. Method: This study uses quantitative methods. Data collection techniques were carried out using questionnaires (100 respondents) and documentation. Result: Based on the research results, the results of simple linear regression were obtained which showed the equation Y = 3.663 + 0.178. Conclusion: Based on the test results, the coefficient of determination of this factor has a value of 49.3%. Statistical tests show that service quality has a significant positive effect on community satisfaction. Keywords: Service Quality, Community Satisfaction ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Salah satu fungsi pemerintahan dalam UU No 30 2014 adalah fungsi pelayanan. Dalam hal ini DPMPTSP merupakan instansi pemerintahan yang menyelenggarakan fungsi pelayanan. Sebagai penyedia layanan, DPMPTSP Kabupaten Ciamis harus memberikan pelayanan yang terbaik agar masyarakat merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh kualitas pelayanan perizinan terhadap tingkat kepuasan masyarakat di DPMPTSP Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner (100 responden) dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil regresi linear sederhana yang menunjukkan persamaan Y = 3,663 + 0,178. Berdasarkan hasil uji nilai koefisien determinasi faktor ini mempunyai nilai sebesar 49,3%. Uji statistik menunjukan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:16
Last Modified: 20 Jun 2023 03:16
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item