KEPEMIMPINAN KEPALA DAERAH DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) DI KABUPATEN BOMBANA PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Ningsih, Isra Yulfia (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA DAERAH DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) DI KABUPATEN BOMBANA PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, IPDN.

[img] Text
KEPEMIMPINAN KEPALA DAERAH DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) DI KABUPATEN BOMBANA PROVINSI SULAWESI TENGGARA_Isra Yulfia Ningsih_30.1341.pdf

Download (502kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Public service delivery in Bombana district at several OPDs that previously had to come to their offices directly has now changed to be in one building, namely the Public Service Mall (MPP). The principle of building infrastructure for the benefit of the community is proven by the District Head of Bombana Regency with various development works. Purpose: To identify and analyze the Leadership of Regional Heads, the supporting and inhibiting factors for the Leadership of Regional Heads, as well as efforts to overcome the inhibiting factors for the Leadership of Regional Heads in Improving Public Services at Public Service Malls (MPP) in Bombana District, Southeast Sulawesi Province. Method: This study uses a descriptive research method with an inductive approach based on facts found in the field regarding Regional Head Leadership in Improving public services at Public Service Malls (MPP). Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation and drawing conclusions. Result: The results of this study indicate that the improvement in public services carried out by the Bombana Regency Investment and One-Stop Service Office (DPMPTSP) is good and appropriate. Conclusion: The improvement in public services that has been carried out is in line with the leadership theory of Ralp M. Stogdill in Pamudji. Supporting factors and inhibiting factors for the leadership process come from internal and external to the Bombana Regency Investment and One-Stop Service Office (DPMPTSP). Efforts made to overcome the inhibiting factors are to improve the quality of human resources and improve facilities and infrastructure at public service malls so that public services can be carried out optimally. Keywords: Leadership, Governance, Investment Service and One-Stop Services (DPMPTSP) ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penyelenggaraan pelayanan publik di kabupaten Bombana pada beberapa OPD yang tadinya harus datang ke kantornya langsung kini berubah menjadi dalam satu Gedung yaitu Mal Pelayanan Publik (MPP). Prinsip membangun infrastruktur demi kepentingan masyarakat dibuktikan Bupati Kabupaten Bombana dengan berbagai karya pembangunan. Tujuan: Untuk Mengetahui dan menganalisis Kepemimpinan Kepala Daerah, faktor - faktor pendukung dan penghambat Kepemimpinan Kepala Daerah, serta upaya untuk mengatasi faktor - faktor penghambat Kepemimpinan Kepala Daerah Dalam Peningkatan Pelayanan Publik pada Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi tenggara. Metode: penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan induktif berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan mengenai Kepemimpinan Kepala Daerah dalam Peningkatan pelayanan publik pada Mal Pelayanan Publik (MPP). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bombana sudah baik dan sesuai. Kesimpulan: Peningkatan pelayanan publik yang telah dilakukan sudah selaras dengan teori kepemimpinan Ralp M. Stogdill dalam Pamudji. Faktor pendukung dan faktor penghambat proses kepemimpinan berasal dari internal dan eksternal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bombana. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat ialah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan sarana dan prasarana pada mal pelayanan publik sehingga pelayanan publik dapat terlaksana secara optimal. Kata kunci: Kepemimpinan, Pemerintahan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:47
Last Modified: 08 Jun 2023 03:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14025

Actions (login required)

View Item View Item