KINERJA UNIT PENGELOLA PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM PENERAPAN APLIKASI JAKARTA EVOLUTION (JakEVO) DI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA

Ambaroh, Nisrina Dhiya (2023) KINERJA UNIT PENGELOLA PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM PENERAPAN APLIKASI JAKARTA EVOLUTION (JakEVO) DI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA. Other thesis, IPDN.

[img] Text
NISRINA DHIYA AMBAROH_30.0505_KINERJA UNIT PENGELOLA PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM PENERAPAN APLIKASI JAKARTA EVOLUTION (JakEVO) DI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA.pdf

Download (345kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Lack of public knowledge about the implementation of an online administrative service system. In addition, the lack of socialization to the public regarding the JakEVO application. Purpose: to find out the performance of UP PMPTSP North Jakarta Administration in licensing services using the JakEVO Application and what are the inhibiting factors and efforts made to overcome inhibiting factors. Method: The research method used is descriptive qualitative research and with data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Result: Performance and public services by UP PMPTSP North Jakarta Administration have been carried out well. Although it has been well implemented, there are still obstacles in implementing the policy. For this reason, the author provides suggestions in the form of improving the quality of socialization regarding the JakEVO application and strengthening the server. Public knowledge about the JakEVO application is still very minimal, and the culture of the community is still attached to the fact that services by coming directly to the office are much better than making arrangements online. This is the purpose of the JakEVO application, namely to eliminate the face-to-face between the waiter and the community as the party being served so that it can eliminate the expensive costs of coming directly to the office to take care of licensing Conclusion: The performance of the Investment Management Unit and One-Stop Integrated Services in the North Jakarta Administrative City in Implementing the Jakarta Evolution Application (JakEVO) in the dimensions of process, output, outcome, benefit and impact, has been carried out well. In addition, public services of the Investment Management Unit and One-Stop Integrated Services in the North Jakarta Administration City in the Application of the Jakarta Evolution Application (JakEVO) in the dimensions of transparency, accountability, conditionality, participatory, non-discriminatory, and balance of rights and obligations, have been carried out well. Keywords: JakEVO, Performance, Public Service ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penerapan sistem pelayanan administrasi secara online. Selain itu, minimnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai aplikasi JakEVO. Tujuan: Mengetahui kinerja UP PMPTSP Kota Administrasi Jakarta Utara dalam pelayanan perizinan menggunakan Aplikasi JakEVO dan apa saja faktor penghambat serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Kinerja serta pelayanan publik oleh UP PMPTSP Kota Administrasi Jakarta Utara telah terlaksana dengan baik. Walaupun telah terlaksana dengan baik tetapi masih ada hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Untuk itu, penulis memberikan saran berupa melakukan meningkatkan kualitas sosialisasi mengenai apliaksi JakEVO dan memperkuat server. Pengetahuan masyarakat mengenai aplikasi JakEVO ini masih sangat minim, serta masih melekatnya budaya masyarakat bahwa pelayanan dengan datang langsung ke kantornya jauh lebih baik daripada melakukan pengurusan secara online. Hal ini merupakan tujuan dari adanya aplikasi JakEVO yaitu untuk menghilangkan tatap muka antara pelayan dengan masyarakat selaku pihak yang dilayani sehingga dapat menghilangkan biaya yang mahal akibat datang langsung ke kantor untuk mengurus perizinan. Kesimpulan: Kinerja Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kota Administrasi Jakarta Utara dalam Penerapan Aplikasi Jakarta Evolution (JakEVO) pada dimensi proses (process), keluaran (output), hasil (outcome), manfaat (benefit) dan dampak (impact), telah terlaksana dengan baik. Selain itu Pelayanan publik Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kota Administrasi Jakarta Utara dalam Penerapan Aplikasi Jakarta Evolution (JakEVO) pada dimensi trnsparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, tidak diskriminatif, dan keseimbangan hak dan kewajiban, telah terlaksana dengan baik. Kata kunci: JakEVO, Kinerja, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:03
Last Modified: 08 Jun 2023 04:03
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14007

Actions (login required)

View Item View Item