Inovasi Pentagram Dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan

Kaleleng, A. Ashabul Kahfi (2023) Inovasi Pentagram Dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
30.1159_A. ASHABUL KAHFI KALELENG_INOVASI PENTAGRAM DALAM PEMBUATAN KK DI DISDUKCAPIL WAJO_RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan tentang pelaksanaan inovasi Pentagram di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan khususnya pada Kartu Keluarga. Namun terhambat dengan jarak ke kantor Disdukcapil Kabupaten Wajo. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi Pentagram, Apa saja faktor yang menjadi penghambat inovasi Pentagram dan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam inovasi Pentagram oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan triangulasi teknik triangulasi untuk memperoleh data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang peneliti dapati dalam pelaksanaan penelitian inovasi Pentagram yaitu inovasi Pentagram dapat membantu masyarakat yang terkendala dengan jarak sehingga tidak dapat datang ke kantor Dukcapil untuk membuat dokumen kependudukan khususnya Kartu Keluarga, kemudian peneliti juga mendapati masyarakat yang memang terkendala dengan pengetahuan masyarakat yang minim tentang teknologi sehingga tidak dapat melakukan pelayanan melalui inovasi Pentagram ini. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, penulis menyimpulkan bahwa inovasi Pentagram oleh Disdukcapil Wajo adalah sebuah inovasi dari produk inovasi, hal ini ditunjukkan bahwa inovasi Pentagram memenuhi lima karakteristik inovasi Rogers yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, pengaplikasian dan kemudahan diamati. Inovasi Pentagram memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya yang berada atau tinggal jauh dari kantor Dukcapil serta sangat membantu masyarakat yang tidak bisa datang ke Dukcapil dan juga sebagai solusi terhadap kurangnya kesadaran masyarakat yang tidak bisa ke Disdukcapil karena terhalang jam kerja. Adapun saran dari penulis kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo untuk mempertahankan dan meng-upgrade pelayanan inovasi Pentagram ini dan diharapkan untuk Disdukcapil Wajo bekerjasama dengan pihak lain dalam hal peningkatan jaringan internet agar pelayanan melalui inovasi Pentagram ini tidak terhambat atas maintenance jaringan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:17
Last Modified: 07 Jun 2023 08:17
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item