PELAKSANAAN APLIKASI SILAKAS DALAM PENERBITAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

karina, woro (2023) PELAKSANAAN APLIKASI SILAKAS DALAM PENERBITAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
WORO KARINA_30.1026_PELAKSANAAN APLIKASI SILAKAS DALAM PENERBITAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN (2).pdf

Download (249kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the problem that there are still many people in Tanah Laut Regency who do not have an awareness of the importance of obtaining a birth certificate. People tend to take care of birth certificates only when needed, namely when there are interests that require birth certificates. Purpose: The purpose of this study is to determine the implementation of birth certificate services through SILAKAS, obstacles and efforts to overcome obstacles in the implementation of birth certificate services through SILAKAS at the Population and Civil Registration Office of Tanah Laut Regency. Methods: The research method used is descriptive qualitative research and with data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Result: the implementation of birth certificate services through SILAKAS has been running quite well in indicators of leadership, attitude and morale, encouragement, supervision, and discipline, but needs to be improved regularly on communication indicators and there are obstacles related to people who are still unaware of the existence of population innovations in the form of SILAKAS, there are people who are not aware of the importance of taking care of birth certificates, there are still people who do not understand the requirements for making birth certificates, inadequate network facilities, and stacking birth certificates that have been printed. The author suggests that the Population and Civil Registration Office of Tanah Laut Regency should conduct regular socialization and expand its reach to villages regarding the importance of birth certificates, through both print and social media, provide briefings on technology, and collaborate with other parties to improve the server. Conclusion: The implementation of birth certificate services through the SILAKAS application at the Population and Civil Registration Office of Tanah Laut Regency is considered quite good, in the five dimensions supporting the successful implementation of management, namely the dimensions of leadership, attitude and morale, encouragement, supervision, and discipline. This is shown by the increase in birth certificate ownership using the methods used by the Population and Civil Registration Office of Tanah Laut Regency. The dimension that is still less than optimal is the communication dimension because not all distribution media can be used optimally, so there are still some people in areas far from the city who do not know. Keywords: Execution, Birth Certificate, SILAKAS ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan tentang masih banyaknya masyarakat Kabupaten Tanah Laut yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya pembuatan akta kelahiran. Masyarakat cenderung mengurus akta kelahiran hanya jika dibutuhkan saja yaitu ketika ada kepentingan yang mempersyaratkan akta kelahiran. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan akta kelahiran melalui SILAKAS, hambatan serta upaya dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pelayanan Akta kelahiran melalui SILAKAS di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: pelaksanaan pelayanan akta kelahiran melalui SILAKAS sudah berjalan cukup baik dalam indikator kepemimpinan, sikap dan moril, pendorong, supervisi, dan disiplin, namun perlu ditingkatkan secara berkala pada indikator komunikasi dan terdapat hambatan yang berkaitan dengan masyarakat yang masih belum mengetahui adanya inovasi kependudukan berupa SILAKAS, terdapat masyarakat yang belum sadar akan pentingnya mengurus akta kelahiran, masih adanya masyarakat yang kurang paham syarat pembuatan akta kelahiran, fasilitas jaringan yang kurang memadai, dan menumpukna akta kelahiran yang sudah tercetak. Penulis menyarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut untuk melakukan sosialisasi secara berkala dan memperluas jangkauan sampai ke desa mengenai pentingnya akta kelahiran, melaui media baik cetak maupun lewat media sosial, memberikan pembekalan mengenai teknologi, dan melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk memperbaiki server. Kesimpulan: Pelaksanaan pelayanan akta kelahiran melalui aplikasi SILAKAS di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut dinilai sudah cukup baik, pada lima dimensi pendukung keberhasiIan pelaksanaan dari manajemen yaitu dimensi kepemimpinan, sikap dan moril, pendorong, supervisi, dan disiplin. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan kepemilikan akta kelahiran menggunakan metode-metode yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut. Adapun dimensi yang masih kurang optimal yaitu dimensi komunikasi dikarenakan tidak semua media penyaluran dapat digunakan secara optimal, sehingga masih ada beberapa masyarakat di daerah jauh dari kota belum mengetahui. Kata kunci: Pelaksanaan, Akta kelahiran, SILAKAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:45
Last Modified: 07 Jun 2023 07:45
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item View Item