KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PENGELOLAAN KEPARIWISATAAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR

fahlevi, ahmad masda reza (2023) KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PENGELOLAAN KEPARIWISATAAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img] Text
MASDA - REPOSITORY.pdf

Download (346kB)

Abstract

ABSTRACT Problems/Background (GAP): The background to writing this thesis is related to the performance of civil servants of the Culture and Tourism Office of Tulungagung Regency which has not been maximized after the Covid-19 pandemic. Purpose: Compiled to find and analyze performance, performance inhibiting factors, and efforts made by Civil Servants in managing tourism after the Covid-19 pandemic at the Culture and Tourism Office of Tulungagung Regency. In this study, researchers used the performance theory put forward by Kasmir (2016: 208-210) which consisted of 6 (six) indicators, namely quality, quantity, time, supervision, cost suppression, and relations between employees. Method: The research method used is a qualitative descriptive research method with an inductive approach. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The informants interviewed were the Head of the Culture and Tourism Office of Tulungagung Regency, the Secretary of the Culture and Tourism Office of Tulungagung Regency, the Head of the General Sub-Division, the Head of the Finance Sub-Division, the Head of the Planning and Reporting Sub-Division, the Head of the Tourism HR Development Division, the Head of the Promotion and Cooperation Section, and staff within the Department of Culture and Tourism. Results/Findings: shows that the performance of Civil Servants in tourism management post-covid- 19 pandemic at the Culture and Tourism Office of Tulungagung Regency based on performance indicators has been good in indicators of time, cost reduction, supervision, and relations between employees. However, the quality and quantity indicators are still not optimal. Conclusion: The performance of Civil Servants in tourism management after covid-19 pandemic at the Culture and Tourism Office of Tulungagung Regency, East Java Province, based on the performance indicators of existing apparatus, is good but needs to be improved on quality and quantity indicators. There are obstacles to the performance of civil servants, namely the limited quality and quantity of existing civil servants and budget limitations in tourism management at the Tulungagung Regency Culture and Tourism Office. Efforts made by the Culture and Tourism Office of Tulungagung Regency are: (1) Improving the quality of civil servants and (2) working with third parties, in this case the private sector, to overcome budget constraints. Keywords: Covid-19 Pandemic, Civil Servants, Performance 1 ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini adalah terkait kinerja PNS Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung yang belum maksimal pasca pandemi Covid-19. Tujuan: Disusun guna mengetahui dan menganalisis kinerja, faktor penghambat kinerja, dan upaya yang dilakukan Pegawai Negeri Sipil dalam pengelolaan kepariwisataan pasca pandemi covid-19 di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. Didalam peneliti ini peneliti menggunakan teori kinerja yang di kemukakan oleh Kasmir (2016:208-210) yang terdiri dari 6 (enam) indikator yaitu kualitas, kuantitas, waktu, pengawasan, penekanan biaya, dan hubungan antar karyawan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang di wawancarai adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Kepala Sub Bagian Umum, Kepala Sub Bagian Keuangan, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan, Kepala Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan, Kepala Seksi Promosi dan Kerjasama, dan Staf di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Hasil/Temuan: menunjukan bahwa kinerja Pegawai Negeri Sipil dalam pengelolaan kepariwisataan pasca pandemi covid-19 di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung berdasarkan indikator kinerja didapatkan sudah baik dalam indikator waktu, penekanan biaya, pengawasan, dan hubungan antar karywan. Namun, pada indikator kualitas dan kuantitas dirasa masih belum maksimal. Kesimpulan: Kinerja Pegawai Negeri Sipil dalam pengelolaan kepariwisataan pasca pandemi covid-19 di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur berdasarkan indikator kinerja aparatur yang ada sudah baik namun perlu ditingkatkan pada indikator kualitas dan kuantitas. Terdapat hambatan pada kinerja PNS yaitu terbatasnya kualitas dan kuantitas PNS yang ada dan keterbatasan anggaran dalam pengelolaan kepariwisataan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. Upaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung adalah: (1) Meningkatkan kualitas PNS dan (2) bekerja sama dengan pihak ketiga, dalam hal ini pihak swasta, guna mengatasi keterbatasan anggaran. Kata kunci: Kinerja, Pandemi Covid-19, Pegawai Negeri Sipil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:03
Last Modified: 07 Jun 2023 07:03
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13904

Actions (login required)

View Item View Item