EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI GETUK SEWU DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG

Dardi, Erintya Ramania (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI GETUK SEWU DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Erintya_30.0538_EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI GETUK SEWU DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP): Orderly Movement of Population Affairs in Pringsewu, abbreviated as Getuk Sewu, is an information system that integrates the registration of various types of population administration services. This program is synergized in Pringsewu Regency as a program that supports services related to online-based population administration so that people do not have to come directly to the Pringsewu Regency dukcapil office. Purpose: The purpose of this study is to identify and analyze the effectiveness of the service of population documents through the Getuk Sewu application program, obstacles and efforts to overcome obstacles to implementing the Getuk Sewu application in online services in Pringsewu Regency. Method: The research method used is descriptive qualitative research method. The process of collecting data using interview techniques, observation and documentation. The theory used in this thesis is the theory of effectiveness put forward by Indrawijaya, 2010. In this theory, effectiveness is measured through 3 (four) dimensions, namely quality, quantity, and time. Results/Findings: The results of this study indicate that the implementation of the Getuk Sewu Application in online services is quite good. However, there are several obstacles, namely the lack of socialization, as well as weak networks in several areas of Pringsewu district. Conclusion: The implementation of the getuk sewu application in online services in Pringsewu Regency has been going quite well, this is because the obstacles that occur can be handled. In order to improve the quality of the implementation of the Getuk Sewu program, it is suggested to utilize social media in information dissemination and cooperate with the Information and Communication Technology Development Agency. Keywords: Online services, my getuk sewu services ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu disingkat menjadi Getuk Sewu ini merupakan sistem informasi yang mengintegrasikan pendaftaran berbagai macam layanan administrasi kependudukan. Program ini disinergikan di Kabupaten Pringsewu sebagai program yang mendukung pelayanan terkait adaministrasi kependudukan berbasis online agar masyarakat tidak perlu datang langsung ke kantor dukcapil kabupaten pringsewu. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan menganalisis efektivitas pelayanan dokumen kependudukan melali aplikasi Getuk Sewu program, hambatan serta upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan Aplikasi Getuk Sewu dalam pelayanan secara online di Kabupaten Pringsewu. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Efektivitas yang dikemukakan oleh Indrawijaya, 2010. Dalam teori ini, Efektivitas diukur melalui 3 (empat) dimensi yaitu kualitas, kuantitas, dan Waktu. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Aplikasi Getuk Sewu dalam pelayanana secara online sudah cukup baik. Namun, terdapat beberapa hambatan yakni kurangnya sosialisasi, serta lemahnya jaringan di beberapa wilayah kabupaten pringsewu. Kesimpulan: Pelaksanaan aplikasi getuk sewu dalam pelayanan secara online di Kabupaten Pringsewu telah berjalan dengan cukup baik, hal ini dikarenakan hambatan yang terjadi dapat ditangani. Guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program Getuk Sewu, disarankan untuk memanfaatkan media sosial dalam penyebaran informasi dan bekerja sama dengan Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kata Kunci: Pelayanan secara daring, layanan Getuk Sewu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:52
Last Modified: 07 Jun 2023 03:52
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13673

Actions (login required)

View Item View Item