EFEKTIVITAS APLIKASI LAPAK ADUAN DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BANYUMAS (Studi Kasus Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Banyumas)

Amirrosyad, Itsnain (2023) EFEKTIVITAS APLIKASI LAPAK ADUAN DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BANYUMAS (Studi Kasus Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Banyumas). Other thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
Itsnain Amirrosyad_30.0684_Efektivitas Aplikasi Lapak Aduan Dalam Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kabupaten Banyumas.pdf

Download (287kB)

Abstract

Pemasalahan : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas memiliki tugas dan fungsi sebagai penghubung dalam penggunaan teknologi informasi lingkup pemerintah dengan masyarakat, dan juga menyelenggarakan layanan interaktif pemerintah dan masyarakat menciptakan ruang komunikasi publik bernama Lapak Aduan. Lapak Aduan menggunakan platform media sosial. Namun dalam pelaksanaannya, banyak keluhan dari masyarakat masih kurang tersalurkan yang dikarenakan lambatnya respon dari pelayanan aplikasi. Tujuan : untuk mengetahui tingkat Efektivitas Aplikasi Lapak Aduan dalam Pelayanan Pengaduan di Kabupaten Banyumas dan penyebab lambatnya respon tanggapan dari pelayanan aplikasi Lapak Aduan. Metode : Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti kali ini serta dengan metode deskriptif serta menggunakan kerangka pikir induktif dengan tujuan agar peneliti dapat menyampaikan data secara jelas mengenai penelitian terkait. Hasil : Hasil dari penelitian yang menggunakan teori O’Brien tentang Sistem informasi dengan 5 (lima) dimensi yaitu Sumber Daya Manusia, Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Sumber Daya Data, dan Jaringan Komunikasi ini menyatakan bahwa Lapak Aduan dinilai sudah sukses, walaupun terdapat satu masalah pada Jaringan Komunikasi. Sementara penyebab lambatnya respon tanggapan dari pelayanan Aplikasi Lapak Aduan adalah kurang tanggapnya Public Information Center (PIC) di tiap Perangkat Daerah di Kabupaten Banyumas dan adanya kendala dari jaringan telekomunikasi yang ada di daerah Kabupaten Banyumas. Hal yang perlu dilakukan oleh Dinkominfo adalah meningkatkan pemahaman kepada PIC dalam pengelolaan aduan dan meningkatan pembangunan infrastruktur pada jaringan komunikasi di daerah-daerah yang masih terdapat Blank Spot.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:41
Last Modified: 13 Jul 2023 02:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item