KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SECARA DARING DI KABUPATEN SOLOK SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT

BAKIRAN, BAKIRAN (2023) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SECARA DARING DI KABUPATEN SOLOK SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, IPDN.

[img] Text
BAKIRAN I-3 baru.pdf

Download (981kB)

Abstract

ABSTRACT Problems/Background (GAP): This study aims to provide an overview and explanation of the implementation of population administration services online at the population and civil registration service in Solok Selatan district in providing convenience for people who want to process population documents. Purpose: This study aims to determine the implementation of population administration services online, the factors that hinder the implementation of population administration services online and the efforts made to overcome obstacles in online population administration services by the Department of Population and Civil Registration of Solok Selatan Regency. Method: The research method used is descriptive qualitative research method. Data obtained through observation, interviews and documentation. Results/Findings: The findings that the researchers found while carrying out the research were that online population administration services really helped people who experienced problems with distance problems so they could not come to dukcapil to make population documents and also researchers found people who still did not understand technology and still frequent network problems and untimely reporting. Conclusion: Based on the research that has been carried out, the authors conclude that the implementation of online population administration services has been carried out properly but is still not optimal. up to the nagari/village regarding existing online services, socializing online population administration services through both print and social media, providing training on technology so that people are not technologically illiterate, then conducting field reviews and collaborating with other parties to improve servers. Keywords: Quality, Online Population Administration Services ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan tentang pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan secara daring di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten solok selatan dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan secara daring, Faktor-Faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan pelayanan admionistrasi kependudukan secara daring dan Upaya yang dilakukan dalam mengatasi Penghambat dalam pelayanan administrasi kependudukan secara daring oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten solok selatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang peneliti dapati selama melaksanakan penelitian yaitu pelayanan administrasi kependudukan secara daring sangat membantu masyarakat yang mengalami kendala dengan permasalahan jarak sehingga tidak bisa untuk datang ke dukcapil untuk membuat dokumen kependudukan dan juga peneliti mendapati masyarakat yang memang masih belum faham teknologi dan masih sering terjadi masalah jaringan dan waktu pelaporan yang tidak tepat waktu. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, penulis menyimpulkan bahwa penyelenggaran pelayanan administrasi kependudukan secara daring yang dilakukan sudah dilaksanakan dengan baik namun masih belum maksimal.Adapun saran dari penulis kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten solok selatan Selatan melakukan melakukan sosialisai secara berkala dan memperluas jangkauan sampai ke nagari/desa mengenai pelayanan secara daring yang ada, mensosialisasikan pelayanan administrasi kependudukan daring lewat media baik cetak maupun lewat media sosial, memberikan pembekalan mengenai teknologi agar masyaraka tidak gagap teknologi, kmudian melakukan tinjauan lapangan dan melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk memperbaiki server Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Administrasi Kependudukan Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:24
Last Modified: 05 Jun 2023 02:24
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13478

Actions (login required)

View Item View Item