EVALUASI PENGUSULAN KENAIKAN PANGKAT APARATUR SIPIL NEGARA JABATAN FUNGSIONAL GURU DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BIAK NUMFOR PROVINSI PAPUA

Damanik, Yunan Ananda Perdana Manwell (2023) EVALUASI PENGUSULAN KENAIKAN PANGKAT APARATUR SIPIL NEGARA JABATAN FUNGSIONAL GURU DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BIAK NUMFOR PROVINSI PAPUA. Other thesis, IPDN.

[img] Text
YUNAN APM DAMANIK_30.1514_EVALUASI PENGUSULAN KENAIKAN PANGKAT APARATUR SIPIL NEGARA JABATAN FUNGSIONAL GURU DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BIAK NUMFOR PROVINSI PAPUA.pdf

Download (455kB)

Abstract

ABSTRACT Problems/Background (GAP):This research was conducted in order to evaluate proposals for promotion to the rank of State Civil Apparatus for Teacher Functional Positions in Biak Numfor Regency. As it is known that the Functional Position of Teachers in Biak Numfor Regency often experiences delays in promotions due to factors that become obstacles in proposing promotions. This of course will reduce teacher motivation in carrying out their duties so that the quality of education in Biak Numfor Regency will decrease in the future.Objective : Research must be carried out in order to find out what are the inhibiting factors and to find out what efforts will be made so that suggestions can be given to overcome these problems.Method :The research method used to get good results is a descriptive qualitative research method with an inductive approach. By using Evaluation indicators according to William N. Dunn with a total of 5 indicators studied and also based on basic legalistic rules relating to proposing promotions and rules relating to the use of the employee performance target format (SKP) used in proposing increases rank.Findings :Based on the evaluation carried out on the procedure for proposing a promotion to the Functional Position of Teachers that the number of teachers who were late for promotion was due to inhibiting factors encountered in proposing an increase. This has resulted in many teachers filing complaints against the local government due to the complexity of proposing promotions each period which causes frequent delays in promotions for Functional Teacher Positions in Biak Numfor Regency, especially for teachers who live far from the city who have difficulty accessing information regarding promotion proposals. However, the Regional Government has responded to these complaints by preparing several efforts that are expected to overcome the problem of promotion for functional teacher positions in Biak Numfor Regency.Conclusion :From fifth the evaluation indicators studied by the researcher found inhibiting factors on 3 indicators, namely on the indicators of effectiveness, adequacy and equity while on the responsiveness indicator the researchers found out how the response of the Education and Culture Office and BKPSDM of Biak Numfor Regency was in overcoming these problems. then finally the researcher knows what the teacher gets if he is promoted on time through accuracy indicators. Keywords: State Civil Apparatus, Teacher Functional Position, Promotion ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Penelitian ini dilakukan guna untuk mengevaluasi pengusulan kenaikan pangkat Aparatur Sipil Negara Jabatan Fungsional Guru di Kabupaten Biak Numfor. Sebagaimana diketahui bahwasanya Jabatan Fungsional Guru di Kabupaten Biak Numfor sering mengalami keterlambatan kenaikan pangkat karena adanya faktor – faktor yang menjadi kendala dalam mengusulkan kenaikan pangkat. Hal ini tentunya akan menurunkan motivasi guru dalam melaksanakan tugasnya sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Biak Numfor akan mengalami penurunan kedepannya. Tujuan : Penelitian harus dilaksanakan agar dapat mengetahui apa saja faktor – faktor yang menjadi penghambat serta mencari tau upaya apa yang akan dilakukan sehingga dapat diberikan saran guna mengatasi permasalahan tersebut. Metode : Metode penelititan yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang baik yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan induktif. Dengan menggunakan indikator Evaluasi menurut William N. Dunn dengan jumlah 5 indikator yang diteliti dan juga didasari dengan aturan – aturan dasar legalistik yang berkaitan dengan pengusulan kenaikan pangkat serta aturan – aturan yang berkaitan dengan penggunaan format sasaran kinerja pegawai (SKP) yang digunakan dalam mengusulkan kenaikan pangkat. Hasil/Temuan : Berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap prosedur pengusulan kenaikan pangkat Jabatan Fungsional Guru bahwa banyaknya guru – guru yang terlambat untuk naik pangkat dikarenakan adanya faktor – faktor penghambat yang ditemui dalam mengusulkan kenaikan. Hal ini menyebabkan banyak guru – guru yang mengajukan keluhan terhadap pemerintah daerah karena rumitnya pengusulan kenaikan pangkat setiap periode yang menyebabkan seringnya terjadi keterlambatan kenaikan pangkat bagi Jabatan Fungsional Guru di Kabupaten Biak Numfor terutama bagi guru – guru yang bertempat tinggal jauh dari kota yang kesulitan untuk mengakses informasi mengenai pengusulan kenaikan pangkat. Namun Pemerintah Daerah telah merespons keluhan – keluhan tersebut dengan menyiapkan beberapa upaya yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan kenaikan pangkat bagi jabatan fungsional guru di Kabupaten Biak Numfor. Kesimpulan : Dari kelima indikator evaluasi yang diteliti peneliti menemukan faktor – faktor penghambat pada 3 indikator yaitu pada indikator efektif, kecukupan dan pemerataan sedangkan pada indikator responsivitas peneliti mengetahui bagaimana respon Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta BKPSDM Kabupaten Biak Numfor dalam mengatasi permasalahan tersebut. kemudian yang terakhir peneliti mengetahui apa saja yang didapatkan oleh guru jika naik pangkat tepat waktu melalui indikator ketepatan. Kata Kunci : Aparatur Sipil Negara, Jabatan Fungsional Guru, Kenaikan Pangkat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Study of Human Resources Management
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:06
Last Modified: 06 Jun 2023 03:06
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item