STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA PANTAI BARA OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN BULUKUMBA

Al-Kadri, Muh. Ishlah (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA PANTAI BARA OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN BULUKUMBA. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Repository_MUH. ISHLAH AL-KADRI_30.1201_C4_STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA PANTAI BARA OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHARAGA KABUPATEN BULUKUMBA - Copy.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diunggulkan di Kabupaten Bulukumba sebagai penopang ekonomi masyarakat dan pembangunan daerah. Salah satu Destinasi Wisata yang memiliki potensi yang juga salah satu ikon dari Kabupaten Bulukumba yaitu Destinasi Wisata Pantai Bara. Namun dalam pengembangannya masih terdapat beberapa kendala, terlebih pada saat ini dengan adanya pandemic covid-19 industri pariwisata mengalami penurunan yang signifikan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang tepat yang mampu diterapkan oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Bulukumba terkhususnya pengembangan objek wisaa Pantai Bara. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini yaitu pengembangan pariwisata khususnya Destinasi Wisata Pantai Bara di Kabupaten Bulukumba masih belum maksimal, dikarenakan masih banyaknya kelemahan-kelemahan yang ditemukan pada komponen sistem pengembangan pariwisata yang menjadi indikator pengembangan Destinasi Wisata Pantai Bara. Adapun faktor yang mempengaruhi dalam pengembangan pariwisata tersebut adalah faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal adalah peluang dan ancaman. Kesimpulan: Pemerintah Daerah khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba lebih memperhatikan faktor- faktor penghambat dalam pengembangan Destinasi Wisata Pantai Bara salah satunya adalah Rancangan Media Promosi yang belum maksimal agar sekiranya dicarikan solusi seperti melakukan seminar rancangan promosi melaui digital seperti sosial media serta juga Pemerintah harus lebih memberikan edukasi kepariwisataan kepada Aparatur Sipil Negara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba selaku penanggung jawab kepariwisataan, Masyarakat sebagai pelaku langsung aktivitas kepariwisataan, dan kelompok Mapaska selaku pengelola dari Destinasi Wisata tersebut. Kata Kunci : Destinasi Wisata, pengembangan, strategi , pariwisata dunia ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Tourism is one of the leading sectors in Bulukumba Regency as a support for the community economy and regional development. One of the tourism objects that have potential which is also one of the icons of Bulukumba Regency is the Pantai Bara tourist attraction. However, in its development there are still some obstacles, especially at this time with the Covid-19 pandemic the tourism industry has experienced a significant decline. Purpose: This study aims to determine the appropriate development strategy that can be applied by the Department of Tourism in developing tourism in Bulukumba Regency, especially the development of the Bara Beach tourist object. Method: This type of research is a qualitative research using descriptive methods and inductive approaches. Result: The results of this study are that tourism development, especially the Pantai Bara tourist attraction in Bulukumba Regency is still not optimal, because there are still many weaknesses found in the components of the tourism development system which are indicators of the development of the Pantai Bara tourism object. The factors that influence the development of tourism are internal factors in the form of strengths and weaknesses and external factors are opportunities and threats. Conclusion: The Regional Government, especially the Tourism Office of Bulukumba Regency, pays more attention to the inhibiting factors in the development of Pantai Bara Tourism Destinations, one of which is the Design of Promotional Media which has not been maximized so that solutions can be found such as holding promotional design seminars through digital media such as social media and also the Government must provide more tourism education to the State Civil Apparatus of the Culture and Tourism Office of Bulukumba Regency as the person in charge of tourism, the Community as the direct actor of tourism activities, and the Mapaska group as the manager of the Tourist Destination. Keywords: tourist attraction, development, strategy, world tourism

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:05
Last Modified: 08 Jun 2023 06:05
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13415

Actions (login required)

View Item View Item