Kualitas Website Dalam Meningkatkan Pelayanan Dan Keterbukaan Informasi Publik Bidang Pemerintahan di Kota Padangsidimpuan

Rahmi, Era Novida (2023) Kualitas Website Dalam Meningkatkan Pelayanan Dan Keterbukaan Informasi Publik Bidang Pemerintahan di Kota Padangsidimpuan. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Era Novida Rahmi_30.0090_Kualitas Website dalam Meningkatkan Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik Bidang Pemerintahan di Kota Padangsidimpuan.pdf

Download (602kB)

Abstract

ABSTRAK Website merupakan salah satu bentuk layanan yang memanfaatkan kecanggihan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dapat menghubungkan pengguna dengan sistem didalamnya dimana halaman yang memuat saling berkaitan dan memiliki alamat yang unik, serta didalamnya dapat diakses berupa kebutuhan informasi dan pelayanan public yang telah disediakan. Penelitian ini dilakukan dikarenakan saat mengunjungi website Pemerintah Kota Padangsidimpuan masih ditemukan beberapa kekurangan-kekurangan pada fitur-fitur yang tersedia dan belum maksimalnya keterbukaan informasi publik. Begitu juga dengan tampilan yang memberikan fitur pelayanan publik namun belum maksimal dimanfaatkan. Penelitian ini menggunakan teori kualitas website menurut Rocha (2012) yang memiliki 3 (tiga) Dimensi Utama yaitu kualitas konten, kualitas layanan, dan kualitas teknis. Dimensi Kualitas Konten memfokuskan pada konten yang disediakan, sedangkan Dimensi Kualitas Website dimana difokuskan pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh website. Dimensi kualitas teknis yang merupakan komponen teknis pada suatu website. Penelitian ini menggunakan desain pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Website Pemerintah Kota Padangsidimpuan masih belum maksimal dalam meningkatkan pelayanan publik dikarenakan layanan aspirasi yang terbatas hanya pada layanan call center dan whatsapp. Dengan pengelolaan pelayanan yang kurang maksimal dikarenakan penyampaian nya harus diteruskan pada Organisasi Perangkat Daerah yang terkait. Keterbukaan informasi sudah baik dalam memberikan keterbukaan informasi publik pada bidang pemerintahan terutama pada dimensi kualitas konten dan kualitas layanan pada website. Kendala yang dihadapi diselesaikan dengan cara upaya penempatan pegawai dan tenaga ahli pada bidang yang sesuai dan melaksanakan bimbingan teknis atau pelatihan-pelatihan yang meningkatkan kompetensi pegawai dalam bekerja. Kata Kunci : Keterbukaan Informasi Publik, Kualitas, Website ABSTRACT The website is a form of service from advance of Information and Communication Technology that can connect users with system and pages and can connect each other, and then they have unique addresses, it also can be accessed in the form of information needs and public services that have provided in the page. The aim of this research is because when we visit the Padangsidimpuan City Government’s website, several deficiencies are found in the available features and the lack of open access for information. Beside that, the appearance that provides public service features but has not been optimally utilized. This study uses website quality theory according to Rocha (2012) which has 3 (three) Main Dimensions namely content quality, service quality, and technical quality. The Content Quality Dimension focuses on the content provided, while the Website Quality Dimension focuses on the quality of service provided by the website. The technical quality dimension is a technical component on a website. This study uses a qualitative research approach design with descriptive methods. Data collected through interview, observation and documentation techniques. The Data analysis technique used consisted of data reduction, data presentation, and make conclusions. The results of the study showed that the quality of the Padangsidimpuan City Government’s Website is still not optimal in improving public services because aspirational services are limited to call center and whatsapp services. With service management that is less than optimal because the delivery must be forwarded to the relevant Regional Apparatus Organizations. Information disclosure has been good in providing public information in the government sector, especially in the dimensions of content quality and service quality on websites. The obstacles encountered were resolved by means of placing employees and experts in appropriate fields and carrying out technical guidance or training that increases employee competence at work. Keyword : Public Information Disclosure, Quality, Website

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:19
Last Modified: 06 Jun 2023 03:19
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item