INOVASI GISA MELALUI PELAYANAN SEGINTUNG DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

ANTHASADEWO, ZEIN (2023) INOVASI GISA MELALUI PELAYANAN SEGINTUNG DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, IPDN.

[img] Text
ZEIN ANTHASADEWO_30.0958_INOVASI GISA MELALUI PELAYANAN SEGINTUNG DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH JURNAL.pdf

Download (723kB)

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP): The implementation of government affairs in the field of population administration is a very important government program. Therefore, the government through the Seruyan District Disdukcapil launched an innovation that is useful for overcoming this problem called SEGINTUNG (Setumat Gin Tuntung) which, when translated into Indonesian, means 'It will be finished in a moment'. Purpose: This study aims to determine and identify the implementation of services, inhibiting factors and efforts made by the Disdukcapil of Seruyan Regency to overcome these obstacles. Method: This study uses a qualitative descriptive research method with an inductive approach. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. Result: The findings obtained by the authors in this study are that the implementation of the SEGINTUNG Service in issuing population documents in general ran smoothly even though there were several obstacles. Conclusion: In the implementation of the SEGINTUNG Service, it is still found that people are not aware of SEGINTUNG's existence, the minimum number of reserve personnel from the SEGINTUNG operator team, and an unstable internet network. Efforts made by the agency are conducting socialization to the public about the use of information technology and about the existence of SEGINTUNG, training for Service employees to increase the number of backup personnel for the SEGINTUNG operator team, and improving the quality of the internet network. SEGINTUNG's service can be said to be successful even though it is not optimal, and in the future it needs to be improved again. Keywords: Innovation, Segintung, Population Administration ABSTRAK Latar Belakang (GAP): Pelaksanaan penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam bidang administrasi kependudukan merupakan program pemerintah yang sangat penting. Oleh karena itu, pemerintah melalui Disdukcapil Kabupaten Seruyan meluncurkan sebuah inovasi yang berguna untuk mengatasi masalah tersebut yang bernama SEGINTUNG (Setumat Gin Tuntung) yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki makna ‘Sebentar Saja Selesai’. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pelaksanaan pelayanan, faktor penghambat serta upaya yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Seruyan untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan Pelayanan SEGINTUNG dalam penerbitan dokumen kependudukan secara garis besar berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa penghalang. Kesimpulan: Dalam pelaksanaan Pelayanan SEGINTUNG masih ditemukan masyarakat yang belum mengetahui adanya SEGINTUNG, minimnya jumlah personil cadangan dari tim operator SEGINTUNG, serta jaringan internet yang tidak stabil. Upaya yang dilakukan dari dinas adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penggunaan teknologi informasi dan tentang eksistensi SEGINTUNG, pelatihan kepada pegawai Dinas guna memperbanyak jumlah personal cadangan tim operator SEGINTUNG, serta meningkatkan kualitas jaringan internet. Pelayanan SEGINTUNG dapat dikatakan berhasil meskipun belum maksimal, dan kedepannya perlu ditingkatkan lagi. Kata Kunci: Inovasi, Segintung, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:59
Last Modified: 05 Jun 2023 06:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item View Item