EFEKTIVITAS APLIKASI TANJUNGPINANG AKTUAL DALAM PELAYANAN PENGADUAN ONLINE DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TANJUNGPINANG

Perdana, Gilang (2023) EFEKTIVITAS APLIKASI TANJUNGPINANG AKTUAL DALAM PELAYANAN PENGADUAN ONLINE DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TANJUNGPINANG. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Gilang Perdana_30.0545_EFEKTIVITAS APLIKASI TANJUNGPINANG AKTUAL DALAM PELAYANAN PENGADUAN ONLINE DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA TANJUNGPINANG.pdf

Download (435kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Community Complaints are a form of community participation in government administration efforts as a form of the government listening to complaints from the amsyarakat. Tanjungpinang City Government launched Tanjungpinang Actual application as an online complaint application. Purpose: To find out the effectiveness of the Tanjungpinang Actual application in online complaint services. Method: Research conducted using qualitative methods, with the theory of the effectiveness of information systems according to DeLonce and McLean in 2003. The data sources used are primary and secondary data sources with informants obtained through purposive sampling and snowball sampling. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Then the data is analyzed by identifying topics, reviewing literature, selecting participants, data collection, analyzing data, reporting and evaluating research. Result: The Tanjak application based on the research conducted found that the Tanjak application is an application that is easy to use, safe and flexible, the quality of information is still static, with easy and fast service quality in terms of users that are easy to use and provide user satisfaction. The Tanjak application has an impact in the form of government effectiveness and work performance, but in terms of cost, there are cost overruns due to the facilities and infrastructure of the Tanjak application. Conclusion: The Tanjak application in online complaint services in Tanjungpinang City has been effective as a complaint service application. However, there is an integration of complaint services in SP4N so that the main features of Tanjak cannot be used so that replanning is carried out related to changes in the features and main purpose of the Tanjak application into smart apps in Tanjungpinang City. Keywords: Application; Effectiveness; Complaint; Tanjak ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pengaduan Masyarakat merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya penyelenggaraan pemerintah sebagai wujud pemerintah mendengarkan keluhan adari amsyarakat. Pemerintah Kota Tanjungpinang meluncurkan aplikasi Tanjungpinang Aktual sebagai aplikasi pengaduan online. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas aplikasi Tanjungpinang Aktual dalam pelayanan pengaduan secara online. Metode: Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif, dengan teori efektivitas sistem informasi menurut DeLonce and McLean tahun 2003. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan informan didapatkan melalui purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dilakukan analisis dengan mengidentifikasi topik, meninjau literatur, memilih peserta, pengumpulan data, menganalisis data, pelaporan dan mengevaluasi penelitian. Hasil/Temuan: Aplikasi Tanjak berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa aplikasi tanjak merupakan aplikasi yang mudah digunakan, aman dan fleksibel, kualitas informasi yang masih statis, dengan kualitas layanan yang mudah dan cepat dari segi pengguna yang mudah digunakan dan memberikan kepuasan kepengguna. Aplikasi Tanjak memiliki dampak yang berupa kefektifan dan performa kerja pemerintah namun dari segi biaya terdapat pembengkakan biaya akibat adanya sarana dan prasarana aplikasi Tanjak. Kesimpulan: Aplikasi Tanjak dalam pelayanan pengaduan online di Kota Tanjungpinang inilai telah efektif sebagai aplikasi pelayanan pengaduan. Namun, terdapat pengintegrasian pelayanan pengaduan di SP4N sehingga fitur utama Tanjak tidak dapat digunakan sehingga dilakukan perencanaan ulang terkait dengan perubahan fitur dan tujuan utama aplikasi Tanjak menjadi smart apps Kota Tanjungpinang. Kata kunci: Aplikasi; Efektivitas; Pengaduan; Tanjak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 29 May 2023 07:26
Last Modified: 29 May 2023 07:26
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item